Tips Merawat Kulit saat Liburan di Tempat Cuaca Panas atau Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita tengah bersiap untuk pergi berlibur akhir tahun. Nah, di antara sederet persiapan liburan seperti busana, alas kaki hingga obat-obatan, jangan lupakan tips merawat kulit saat liburan. Menurut dokter kulit Riris Asti Respati, tiga produk perawatan kulit atau skincare ini tidak boleh dilewatkan.

"Tahapan wajibnya itu simpel, bersihkan dengan benar dengan pembersih (cleanser), kedua pakai pelembap (moisturizer), ketiga aplikasikan tabir surya (sunscreen)," ujar dokter Riris kepada Cantika, Minggu, 17 Desember 2023.

"Mau ke tempat wisata cuaca panas atau cuaca dingin, konsepnya tiga itu dulu dipertahankan. Setelah itu, pilih jenis produk skincare yang sesuai tipe kulit," tambahnya.

Saat berlibur ke tempat cuaca dingin, kulit cenderung mudah kering, sehingga dokter Riris merekomendasikan untuk mengaplikasikan pelembap lebih sering dari biasanya.

"Kalau ke tempat dingin, kulit cenderung kering, pelembap dikencengin. Kalau berlibur ke tempat panas, tabir surya  diperkuat dan tentunya diaplikasikan ulang atau reapply," ujarnya.

Oiya jika kerap alami bruntusan saat liburan atau seusai berlibur, menurut dokter Riris hal itu terjadi karena banyak aktivitas di luar, mencoba produk skincare baru hingga perubahan cuaca.

"Faktor cuaca juga bisa memengaruhi bruntusan. Beberapa di antara kita mencari suasana yang beda dengan tempat tinggal, misal seperti kita yang biasa tinggal di negara tropis memilih cuaca dingin atau bersalju saat libur akhir tahun. Perubahan cuaca itulah yang mengaruh ke kulit. Untuk mencegah bruntusan, kuncinya tiga step tadi," jelasnya.

Jika kamu menempuh penerbangan panjang menuju tempat liburan, jangan lupa selalu minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Semoga tips merawat kulit saat berlibur di atas bisa membantu, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Tips Merawat Kulit Wajah ala Tiara Andini, Kuncinya Double Cleansing

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."