6 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kecemasan di tempat kerja bisa terjadi ketika Anda memiliki beban kerja terlalu banyak dan tidak ada keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan pribadi. Menyeimbangkan target, tenggat waktu, dan kehidupan pribadi memang menjadi tantangan tersendiri. Jika Anda sedang mengalaminya, berikut sederet cara mengatasi kecemasan di tempat kerja menurut dr. Pritisha Saxena, psikiater asal India.

1. Detoks Digital saat Istirahat

Dering notifikasi yang terus-menerus dari Instagram dan LinkedIn dapat menambah stres. Ambil petunjuk dari praktik kuno dan sertakan momen detoks digital ke dalam rutinitas Anda.

Menjauh sementara dari email dan notifikasi saat istirahat, agar pikiran Anda terisi kembali. Tindakan kecil ini bisa menumbuhkan rasa damai di tengah hiruk pikuk.

2. Minum Teh saat Istirahat

Pertimbangkan ritual minum teh yang penuh perhatian saat beristirahat. Cobalah luangkan satu menit untuk fokus pada aroma, kehangatan, dan rasa.

Tindakan perhatian sederhana ini dapat menjadi tombol reset pikiran Anda, memberikan kejernihan dan fokus.

3. Coba Berkata "Tidak"

Kita terprogram untuk mengatakan YA pada setiap tugas, terutama jika kita merasa gugup, khawatir, atau kurang percaya diri. Mempelajari seni mengatakan "tidak" bila diperlukan adalah keterampilan paling penting yang harus diperoleh.

Menetapkan batasan bukanlah hal yang kasar, tetapi merupakan pernyataan kepedulian terhadap diri sendiri, memberi tahu orang lain apa yang diharapkan dari Anda.

Prioritaskan tugas Anda dan tolak dengan sopan tanggung jawab tambahan saat Anda merasa kewalahan.

4. Menetapkan Batasan saat libur

Saat libur atau cuti, penting sekali untuk menetapkan batasan. Beberapa di antara kita mungkin tergoda mengikuti panggilan videon ataupun melakukan pekerjaan tambahan saat libur, tapi ingatlah tubuh dan pikiran Anda butuh rehat.

Dengan menetapkan batasan yang jelas dapat mencegah stres terkait pekerjaan menyusup ke ruang pribadi Anda. Komunikasikan batasan-batasan ini kepada rekan kerja, pastikan waktu pribadi untuk bersantai dan memulihkan tenaga tidak terganggu.

5. Bikin Skala Prioritas Kerja

Stres sering kali jadi cikal bakal kecemasan di tempat kerja. Biasanya stres muncul karena perasaan terbebani oleh tantangan yang kompleks. Atasi stres dengan menerapkan skala prioritas tugas, bagi menjadi segmen-segmen yang dapat dikelola, dan taklukkan tugas itu selangkah demi selangkah. Langkah ini mengubah stres menjadi serangkaian tujuan yang dapat dicapai, juga meningkatkan rasa kendali.

6. Rayakan Setiap Pencapaian

Merayakan dengan kue untuk mencapai target atau menghadapi klien yang sulit bisa sangat menyenangkan. Memiliki rasa berprestasi sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

Kesimpulannya deretan cara mengatasi kecemasan di tempat kerja di atas bisa membantu Anda melewati pasang surut dinamika profesional. Ambil momen detoksifikasi digital, nikmati rehat minum teh, dan nikmati kekuatan "tidak". Di akhir setiap hari kerja, akui pencapaian baik  besar dan kecil, yang secara kolektif membentuk narasi profesional Anda.

Pilihan Editor: 8 Tips Kelola Rasa Cemas

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."