Perjalanan Karier Maudy Ayunda, Debut Akting di Usia 11 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maudy Ayunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

Maudy Ayunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Maudy Ayunda baru saja berulang tahun ke-29 tahun pada Selasa kemarin, 19 Desember 2023. Maudy bisa dibilang selebritas multitalenta, mulai dari pemeran film, penulis dan penyanyi lagu.

Maudy Ayunda merintis karier di industri hiburan sejak usia remaja. Dia debut akting dalam film Untuk Rena pada 2005. Saat itu, usianya baru 11 tahun. Keberhasilannya memerankan karakter tersebut mendatangkan penghargaan sebagai Aktris Utama Terpilih di Festival Film Jakarta 2006.

Sulung dari dua bersaudara ini terus mengembangkan kariernya di dunia akting, dia diketahui membintangi sederet judul film seperti Sang Pemimpi, Rumah Tanpa Jendela, Tendangan dari Langit, dan Malaikat Tanpa Sayap.

Dilansir dari IMDb, Maudy setidaknya telah membintangi 14 film. Prestasi Maudy semakin bersinar setelah menjadi pemeran Kugi di film Perahu Kertas pada 2012.

Tidak hanya bergelut dalam dunia akting, tetapi Maudy Ayunda juga kerap menjadi penyanyi untuk lagu tema film salah satunya Perahu Kertas. Lagu tersebut membawa dia meraih beberapa nominasi dan memenangkan Piala Maya untuk kategori Lagu Tema Terpilih.

Pendidikan

Meskipun berada di puncak karier, Maudy Ayunda tetap menjunjung tinggi pendidikan. Dia melanjutkan studi di Oxford University, Inggris, mengambil jurusan Filosofi, Politik, dan Ekonomi (P.P.E). Maudy berhasil lulus dengan predikat cum laude pada 2016.

Setelah itu, Maudy melanjutkan studi S2 di Stanford University, Amerika Serikat, mengambil jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan, dan meraih gelar Master of Arts (MA) dan Master of Business Administration (MBA) pada 2021.

Di balik pencapaiannya, peran sang ibunda, Mauren Jasmedi, sangat signifikan. Ibu Maudy telah mengajarkan nilai-nilai kehidupan dan pentingnya pendidikan sejak dini.

Rambah Bisnis dan Prestasi

Selain berkiprah di dunia hiburan, Maudy Ayunda juga terlibat dalam dunia investasi. Dia merupakan salah satu investor di startup grocery commerce, Segari. Dia melihat dampak positif yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut terhadap masyarakat dan petani. Maudy juga menilai model bisnis Segari memiliki potensi menjadi masa depan industri e-grocery di Indonesia.

Dan, pada Oktober silam, dia bersama rekan bisnisnya, Patricia Davina merilis merek kecantikan From This Island.

Di sisi lain, Maudy Ayunda sempat diamanahi sebagai juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia. Keberagaman bahasa yang dikuasainya diharapkan membantu dalam peran tersebut.

Maudy Ayunda juga terpilih dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021. Dia dianggap mencerminkan prestasinya sebagai aktris, penyanyi, dan tokoh inspiratif.

Menikah pada 2022

Maudy Ayunda dan Jesse Choi menikah pada Ahad, 22 Mei 2022. Keduanya bertemu di hari pertama mereka belajar di Stanford University. Keduanya mengambil magister bisnis di salah satu kampus terbaik di dunia itu.

Jesse Choi merupakan pria yang terlahir di Korea Selatan lalu tumbuh dan besar di Amerika. Dia memutuskan mengikuti Maudy Ayunda pulang ke Tanah Air setelah wisuda lantaran merasa tak bisa terpisahkan lagi.

Pilihan Editor: Rilis Skincare Natural, Maudy Ayunda Jatuh Cinta pada Kulit Manggis hingga Buah Merah Papua

ANANDA BINTANG I HALIDA BUNGA FISANDRA I MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."