3 Tips Wisata Kuliner di Jepang, Perhatikan Musim dan Kota Tujuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ramen (Pixabay)

Ilustrasi ramen (Pixabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jepang salah satu destinasi favorit turis mancanegara saat berlibur, baik ketika musim semi untuk menikmati indahnya bunga sakura bermekaran atau Natal dan Tahun Baru (nataru) di musim dingin. Selain mengunjungi ragam tempat bersejarah, Jepang juga menawarkan ragam kuliner yang autentik. Nah, bagi kamu yang berencana wisata kuliner di Jepang, CEO PT Yay Enak Semua yang menaungi SushiYay! David Soong berbagi tiga tips untuk kamu.

1. Kota yang Dikunjungi

Menurut David, semua tempat makan di Jepang layak dicoba, dari restoran, minimarket, hingga kedai kecil. Hal itu karena selain etik kerja Jepang yang bersih, kuliner Jepang juga cocok dengan lidah orang Indonesia, sehingga kulineran di Jepang satu minggu rasanya tidak akan cukup. Adapun pilihan makanan yang wajib dicoba antara lain ramen, yakitori, kare, hingga boga bahari atau seafood.

“Untuk orang yang baru mulai ke Jepang, bisa kunjungi Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Tapi kalau udah sering bisa ke kota-kota lainnya seperti Kanazawa, Hokkaido, Fukouka. Makanan enak tersebar di seluruh Jepang,” ujar David kepada Cantika, Jumat, 15 Desember 2023.

(dari kiri) David Song - CEO PT Yay Enak Semua dan Wilson Tjandra -COO PT Yay Enak Semua dalam acara Sushi Yay! di Jakarta Selatan, Jumat, 15 Desember 2023. Foto: Dok. Sushi Yay!

2. Memperhatikan Musim

Kuliner Jepang biasanya ‘viral’ dan memiliki ciri khas berdasarkan musim yang sedang dilalui. Seperti dango, kue kecil berbentuk bulat, di musim semi, semangka di musim panas, dan ikan di musim gugur. Sementara itu, untuk liburan nataru yang bertemu dengan musim dingin, David mengatakan untuk fokus pada makanan berkuah hangat dan sedap, seperti ramen, oden, dan shabu-shabu.

3. Riset Terlebih Dahulu

Kuliner Jepang yang beragam bisa membuat kita kebingungan ingin makan yang mana dulu. David menyebut sebelum memulai wisata kuliner, penting untuk riset terlebih dahulu di media sosial kemudian ketahui preferensi pribadi, seperti ingin makan apa, lebih suka makanan rasa apa, ingin restoran halal atau tidak, dan sebagainya.

“Bisa juga tanya ke teman yang udah pernah ke Jepang untuk menanyakan tempat makan yang tepat sesuai preferensi kita,” imbuh David.

Pilihan Editor: Marugame Udon Buka Gerai ke-100 di Bekasi

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."