5 Cara Menerapkan Work Life Balance

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kesejahteraan pribadi alias work life balance tampaknya merupakan tugas menantang di lingkungan kerja yang serba cepat seperti saat ini. Akan tetapi, dengan membuat strategi sederhana dan efektif baik dalam lingkup pribadi maupun profesional, kita bisa menerapkan work life balance. Berikut lima cara yang bisa dicoba.

1. Menyegarkan diri saat beristirahat

Manfaatkan waktu istirahat yang tersedia untuk Anda, terutama saat jam makan siang. Pertimbangkan untuk melakukan peregangan singkat atau jalan cepat di sekitar lingkungan rumah untuk memulihkan pikiran dan tubuh Anda, terutama jika Anda bekerja dari rumah.

Mengambil momen-momen ini untuk diri sendiri dapat meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan secara signifikan. Ambil jeda dari gawai atau screen time dan lingkungan kerja dengan disengaja dapat berdampak besar pada fokus dan kreativitas Anda.

2. Manajemen waktu dengan baik

Atur hari kerja Anda dengan menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan memprioritaskan tugas. Daripada terpaku pada jam kerja, fokuslah pada produktivitas. Terapkan strategi manajemen waktu yang efektif, analisis daftar tugas Anda, dan lihat dampak positifnya terhadap kehidupan profesional dan pribadi Anda.

Dengan menganalisis daftar tugas Anda dan pola pikir yang berpusat pada produktivitas, Anda akan menemukan bahwa kualitas pekerjaan Anda tidak semata-mata ditentukan oleh jumlah jam kerja, namun oleh alokasi strategis waktu Anda.

3. Jelajahi manfaat kerja jarak jauh

Jika memungkinkan, jelajahi pilihan untuk bekerja dari rumah. Fleksibilitas ini tidak hanya mengurangi stres dalam perjalanan, tetapi juga menyediakan lingkungan yang nyaman untuk meningkatkan konsentrasi dan efisiensi.

Nikmati kebebasan yang ditawarkan kerja jarak jauh untuk menciptakan pengaturan kerja yang lebih akomodatif. Dengan memanfaatkan fleksibilitas yang ditawarkan kerja jarak jauh, Anda tidak hanya mendefinisikan ulang ruang kerja Anda, namun juga membuka pintu menuju lingkungan kerja yang lebih akomodatif dan harmonis.

4. Luangkan waktu merawat diri

Prioritaskan perawatan diri dan kebaikan terhadap diri sendiri. Sadarilah pentingnya kesejahteraan Anda dan luangkan waktu untuk aktivitas yang membuat Anda bahagia.

Dengan mempraktikkan self-compassion, Anda akan menumbuhkan pola pikir positif dan berkontribusi pada kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan. Kemampuan beradaptasi ini mengurangi perasaan kewalahan, memungkinkan Anda menjalankan kewajiban profesional dan pribadi Anda dengan cara yang lebih berkelanjutan dan memuaskan.

5. Ambil cuti 

Pastikan Anda mengambil cuti dan benar-benar tidak bersentuhan dengan pekerjaan. Gunakan waktu ini untuk memulihkan tenaga, bersantai, dan terhubung kembali dengan orang-orang terkasih. Mengambil cuti atau berlibur tidak hanya memberikan istirahat yang layak, tetapi juga berperan sebagai elemen penting dalam menjaga work life balance yang berkelanjutan.

Pilihan Editor: 4 Cara Mencintai Pekerjaan yang Tidak Disukai

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."