4 Cara Mencintai Pekerjaan yang Tidak Disukai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita duduk bekerja. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi wanita duduk bekerja. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda terjebak dalam pekerjaan yang tidak disukai? Jika iya, kamu tidak sendirian. Menurut survei yang dilakukan oleh kelompok riset Conference Board, lebih dari sepertiga orang Amerika menganggap pekerjaan mereka tidak memuaskan. Ketidakpuasan kerja tidak hanya memengaruhi kehidupan kerja Anda, tetapi juga kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Untuk mengatasi kondisi itu, ada sederet cara mencintai pekerjaan yang tidak disukai.

1. Mengambil kendali atas pekerjaan

Kunci untuk membalikkan keadaan adalah "penciptaan pekerjaan", sebuah konsep yang diperkenalkan oleh psikolog Amy Wrzesniewski dan Jane E. Dutton dalam sebuah makalah penelitian pada tahun 2010. Penciptaan pekerjaan melibatkan pengambilan kendali atas pekerjaan Anda dengan menyempurnakannya agar mencakup tugas-tugas yang Anda sukai dan hilangkan yang tidak Anda sukai. Berikut cara Anda memulai

- Buatlah tiga daftar: Identifikasi apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda, apa yang mengganggu Anda, dan apa yang ingin Anda tambahkan ke pekerjaan Anda, meskipun itu tidak ada hubungannya dengan peran Anda.

- Tangani tugas dalam daftar secara sistematis, dimulai dengan yang paling mudah. Beberapa perubahan mungkin memerlukan dukungan atasan Anda, namun banyak yang dapat diterapkan secara mandiri.

- Jadilah kreatif dengan daftar Anda dan pertimbangkan bagaimana perubahan dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres. Saat Anda melakukan perbaikan, lacak perbaikan tersebut di daftar "suka tentang pekerjaan Anda" untuk mengukur kemajuan Anda.

2. Memperkuat hubungan dengan rekan kerja

Meskipun Anda mungkin tidak bisa mengubah rekan kerja, Anda bisa meningkatkan hubungan Anda dengan mereka. Tahukah Anda, membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja dapat berdampak signifikan pada kepuasan kerja. Begini caranya:

- Pelajari lebih lanjut tentang rekan kerja Anda dan bantu mereka mencapai tujuan mereka, meskipun Anda bukan atasan mereka.

- Jadikan rapat lebih menarik dan menyenangkan, serta bertujuan untuk mengurangi frekuensi dan durasinya.

- Gabungkan humor ke dalam hari kerja Anda untuk menciptakan suasana yang lebih positif.

- Perdalam hubungan Anda dengan rekan kerja hanya dengan mengenal mereka lebih baik melalui percakapan.

3. Membingkai ulang makna dan tujuan bekerja

Cara Anda memandang pekerjaan dapat memengaruhi kepuasan kerja Anda secara signifikan. Penelitian Wrzesniewski dan Dutton menemukan bahwa peran yang tampaknya tidak memuaskan pun bisa menjadi lebih memuaskan jika dibingkai ulang dengan tujuan. Begini cara menerapkan konsep tersebut.

- Pertimbangkan dampak yang lebih luas dari peran Anda dalam organisasi atau komunitas Anda.

- Pikirkan tentang bagaimana tugas Anda berkontribusi pada kebaikan yang lebih besar, apakah itu meningkatkan produk, mendukung rekan kerja, atau membantu pelanggan.

- Ubah pendekatan perilaku Anda terhadap pekerjaan Anda berdasarkan perspektif baru ini. Anggaplah peran Anda sebagai hal yang penting untuk mencapai hasil yang positif.

4. Imbangi dengan kegiatan favorit di luar pekerjaan

Terakhir, jangan lupa bahwa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan kerja sama pentingnya dengan hal-hal yang Anda minati di luar jam kerja. Pekerjaan Anda adalah bagian penting dalam hidup Anda, namun itu bukan satu-satunya sumber kebahagiaan dan kepuasan. Kehidupan pribadi Anda, hobi, dan hubungan di luar pekerjaan sama pentingnya.

Di dunia di mana banyak orang berjuang dengan ketidakpuasan kerja, penting bagi Anda untuk mengambil tindakan sendiri dan menemukan cara untuk mencintai pekerjaan yang Anda miliki, meskipun pada awalnya Anda tidak menyukainya.

Dengan mempraktikkan sejumlah cara mencintai pekerjaan yang tidak disukai di atas, Anda bisa mengubah kehidupan kerja Anda menjadi pengalaman yang lebih memuaskan dan menyenangkan. Ingatlah bahwa kebahagiaan Anda di tempat kerja dapat memberikan dampak positif pada bidang lain dalam hidup Anda, yang pada akhirnya mengarah pada kehidupan yang lebih memuaskan.

Pilihan Editor: Cara Mari Elka Pangestu Membangun Networking dalam Bekerja: Gabung ke Banyak Asosiasi dan Aktif

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."