Kenali Bedanya Darah Rendah dan Kurang Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anemia. (Style Craze)

Ilustrasi anemia. (Style Craze)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDarah rendah dan kurang darah dua kondisi yang berbeda. Dalam istilah medis, tekanan darah rendah dikenal sebagai hipotensi. Sedangkan, kurang darah itu kondisi anemia. Dikutip dari Healthline, kebanyakan orang yang tekanan darah rendah merasa pusing, lelah, pingsan. Efek penurunan tekanan darah tiba-tiba biasanya terasa setelah mendadak cepat berdiri atau terkejut. Tekanan darah mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Sel darah merah berguna mengatur kinerja dan fungsi organ tubuh. Jika protein sel darah merah yang mengangkut oksigen atau hemoglobin kurang kadarnya menyebabkan kondisi anemia.

1. Darah Rendah

Dikutip dari situs web Mayo Clinic, penyebab tekanan darah rendah biasanya dipengaruhi dehidrasi hingga kondisi medis yang serius. Gejala tekanan darah rendah antara lain penglihatan kabur, pusing, pingsan, kelelahan, sulit berkonsentrasi, mual.

Tekanan darah rendah tanda dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, terutama dari gejalanya. Tekanan darah rendah yang serius kondisinya antara lain menimbulkan gejala kebingungan yang ekstrem, kulit dingin dan pucat, napas cepat dangkal, denyut nadi melemah.

2. Kurang Darah

Dikutip dari WebMD, anemia kondisi jumlah sel darah merah rendah. Kekurangan kadar hemoglobin dalam darah ini biasanya terlihat saat tes. Hemoglobin protein utama dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Gejala anemia, seperti kelelahan atau sesak napas, timbul ketika organ tidak mendapat cukup oksigen. Beberapa bentuk anemia bersifat genetik atau berkaitan dengan kondisi medis.. Misalnya ibu hamil atau orang lanjut usia.

Tanda-tanda anemia bisa sangat ringan, sehingga seseorang tidak menyadarinya. Saat sel darah turun gejalanya berkembang. Gejalanya antara lain pusing, detak jantung cepat, nyeri persendian, sesak napas, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, kelelahan.

Pilihan Editor: 6 Makanan yang Dianjurkan bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

WINDA OKTAVIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."