Mengulik 5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain menjadi bahan makanan yang lezat, kacang merah juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kacang merah mengandung protein, mineral, dan vitamin yang menyehatkan. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu pengelolaan berat badan, kesehatan usus, dan mengatur gula darah. Berikut beberapa manfaat kacang merah bagi kesehatan:


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dikutip dari WebMD, kacang merah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang paling sehat untuk digunakan sebagai sumber protein, dengan lemak dan lemak jenuh yang sedikit lebih sedikit dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya, tetapi memiliki jumlah serat dan protein yang sebanding. 

Kacang membantu mengurangi kolesterol, salah satu cara untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker Usus Besar

Serat yang tidak dapat dicerna dalam kacang-kacangan berperan positif dalam mengatur pertumbuhan sel di usus besar, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar. 

3. Menjaga Berat Badan 

Makanan tinggi serat seperti kacang merah menawarkan cara alternatif untuk menurunkan berat badan. Serat bersifat mengenyangkan, sehingga dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebihan.

4. Mengontrol Gula Darah

Dilansir dari Healthline, gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung. Karena itu, penting untuk mengurangi kenaikan gula darah setelah makan.

Kacang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat yang rendah, sehingga kacang merah sangat efektif dalam mengontrol gula darah.

5. Melindungi dari Radikal Bebas

Kacang merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Pilihan Editor: 8 Sumber Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi, Ada Kerang hingga Kacang Merah

MALINI | NURHADI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."