Catat, Warna Lidah Bisa Menandakan Masalah Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan menjulurkan lidahnya. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan menjulurkan lidahnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Secara medis terbukti warna lidah terbukti bisa menjadi indikator yang sangat informatif mengenai kesehatan Anda secara keseluruhan. Meskipun variasi warna lidah biasanya bersifat sementara dan tidak berbahaya, perubahan tertentu yang terus-menerus dapat menandakan masalah kesehatan yang mendasarinya. Lidah adalah organ berotot yang ditutupi papila, pengecap, dan selaput lendir, dan warnanya dapat memberikan wawasan berharga tentang berbagai aspek kesejahteraan Anda.

1. Lapisan warna putih di lidah

Lapisan putih di lidah mungkin mengindikasikan masalah kebersihan mulut, seperti pertumbuhan bakteri yang berlebihan atau infeksi jamur seperti kandidiasis mulut. Ini juga bisa menandakan dehidrasi atau iritasi.

2. Lidah warna stroberi

Lidah berwarna merah atau seperti stroberi mungkin menandakan kekurangan vitamin, khususnya vitamin B, atau suatu kondisi yang dikenal sebagai penyakit Kawasaki, yang mempengaruhi pembuluh darah dan lebih sering terjadi pada anak-anak.

3. Lidah berbulu hitam

Kondisi ini terjadi ketika papila filiformis di lidah memanjang dan berubah warna. Seringkali penyakit ini tidak berbahaya dan mungkin disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, merokok, konsumsi kopi atau teh berlebihan, atau penggunaan antibiotik.

4. Lidah biru atau ungu

Perubahan lidah menjadi warna biru atau ungu dapat mengindikasikan kurangnya kadar oksigen dalam darah, yang mungkin berhubungan dengan masalah pernapasan atau kardiovaskular. Dalam beberapa kasus, ini mungkin merupakan tanda sianosis, suatu kondisi di mana kadar oksigen dalam darah rendah.

5. Lidah pucat

Lidah pucat mungkin disebabkan oleh anemia atau kadar zat besi rendah, yang memengaruhi oksigenasi darah. Ini mungkin juga menandakan sirkulasi yang buruk atau penyerapan nutrisi yang tidak memadai.

6. Lidah kuning

Lidah warna kekuningan dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, merokok, atau konsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, ini mungkin mengindikasikan masalah hati atau kandung empedu, seperti hepatitis atau sirosis.

Untuk menjaga kebersihan lidah, rutin lidah secara teratur seperti gigi. Tetap terhidrasi untuk mencegah kekeringan dan iritasi. Batasi konsumsi tembakau dan berlebihan kafein. Berhati-hatilah terhadap perubahan pola makan dan obat-obatan yang dapat memengaruhi warna lidah.

Jika Anda mengalami perubahan warna yang terus-menerus atau gejala lain yang mengkhawatirkan, segera dapatkan bantuan medis.

Pilihan Editor: Jangan Abaikan Kesehatan Mulut, Bisa Memicu Penyakit Kronis

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."