Cara Memasak Telur Pakai Microwave, dari Scramble Egg hingga Telur Rebus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Scrambled Egg. toriavey.com

Scrambled Egg. toriavey.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahan telur termasuk makanan favorit orang banyak baik di waktu makan pagi alias sarapan, makan siang, atau makan malam. Untuk cara memasak telur, Anda bisa dengan menggunakan microwave selain dengan kompor. Jika kamu belum pernah mencoba sebelumnya, berikut beberapa cara memasak telur pakai microwave yang bisa dicoba.

Cara Memasak Telur Orak-Arik Pakai Microwave

Membuat telur orak-arik atau scramble egg dalam microwave terbilang mudah, dan Anda tidak perlu terlalu khawatir permukaan telur orak-arik akan pecah.

Oleskan mentega atau minyak ke dalam mangkuk tahan microwave, lalu pecahkan dua butir telur ke dalamnya. Setelah itu, taburi dengan garam, merica, dan bahan makanan lain yang Anda inginkan seperti keju parut, sayuran atau ham yang dipotong dadu, tambahkan sedikit krim atau bahkan air; dan gunakan garpu untuk mengaduk semuanya.

Atur microwave selama 30 detik, aduk, lalu ulangi hingga telur matang sesuai keinginan.

Cara Memasak Poached Egg dengan Microwave

Telur rebus tanpa kulit atau poached egg mungkin sulit dibuat dengan cara kuno, tetapi poached egg hampir selalu aman jika dimasukkan ke dalam microwave. Tambahkan beberapa inci air ke dalam mangkuk atau cangkir tahan microwave, lalu pecahkan telur ke dalamnya dengan hati-hati.

Gunakan tusuk gigi untuk menusuk kuning telur agar uapnya keluar, dan masukkan ke dalam microwave selama 60 detik.

Jika putih telur sudah buram, Anda siap menyantapnya. Bila belun, tambahkan 30 detik lagi pada waktu memasak. Buang air rebusan dan masukkan telur rebus ke piring Anda. Selamat makan!

Cara Memasak Telur Rebus di Microwave

Mulailah dengan mengisi mangkuk microwave dengan air, dan panaskan dalam microwave selama empat menit, hingga panas. Tusuk kulit telur dengan hati-hati menggunakan peniti, lalu masukkan ke dalam air panas.

Tutupi mangkuk dengan piring, dan masukkan ke dalam microwave selama empat menit dengan daya setengah. Anda perlu menambahkan satu menit waktu memasak tambahan untuk setiap tambahan telur yang Anda masukkan ke dalam mangkuk.

Diamkan telur di dalam air panas selama satu menit, lalu dinginkan di mangkuk berisi air dingin selama beberap waktu, dan telur siap dikupas. 

Cara Memasak Telur Goreng di Microwave

Ingin telur goreng tanpa digoreng? Oleskan mentega atau minyak ke dalam mangkuk microwave, lalu pecahkan satu atau dua telur ke dalamnya. Jangan lupa garam dan merica. Atur mircrowave dengan kecepatan tinggi, periksa kematangan telur setiap 30 detik, atau coba satu setengah menit dengan daya 30 persen untuk tingkat kematangan yang lebih rendah, dan tentunya lebih lambat.

Tips Memasak Telur di Microwave

- Olesi mentega atau minyak ke dalam mangkuk agar tidak lengket.

- Tusuk telur untuk mencegah ledakan. Telur memiliki banyak cairan di dalamnya. Dan ketika terkena panas dapat menimbulkan uap yang mungkin tidak dapat keluar melalui membran telur.

Gunakan garpu atau tusuk gigi untuk menusuk putih telur dan kuning telur beberapa kali agar uap dapat keluar.

Pastikan Anda membuat beberapa lubang kecil di bagian atas kuning telur. Jika Anda memaksakannya sepenuhnya, bisa berisiko kuning telurnya bocor dan matang lebih cepat dari yang Anda inginkan.

- Pertimbangkan untuk menggunakan tingkat daya gelombang mikro alias kecepatan microvave rendah. Hal ini akan membantu Anda mengenali konsistensi telur yang Anda inginkan, sehingga risiko menghasilkan telur yang kenyal lebih kecil semakin besar.

Pilihan Editor: 4 Cara Merebus Telur Rebus Menurut Koki, Pilih Telur yang Lebih Tua

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."