Cerita Mengitari Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di Museum Kebangkitan Nasional dari 9 hingga 31 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di Museum Kebangkitan Nasional dari 9 hingga 31 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

Setelah dari bagian Jejak Rempah dalam Peradaban Dunia, kamu bisa beranjak ke sisi selanjutnya dengan menaiki dua anak tangga. Di area Rempah dalam Catatan Nusantara, kamu akan melihat beberapa prasasti yang menunjukkan perdagangan rempah di Nusantara seperti replika Prasasti Tugu.

Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia salah satu destinasi wisata edukasi di akhir tahun 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Masih di area yang sama, bergeser sedikit ke kiri, kita akan melihat aneka replika mahkota Kesultanan Siak Sri Indrapura, Banten, Kutai Kertanegara, dan Badung, Bali. Mahkota emas dari kerajaan di wilayah pesisir Indonesia itu menunjukkan pertumbuhan dan kemakmuran yang pesat berkat budidaya dan perdagangan rempah.

Turun dari area itu, kamu bisa beranjak ke area Eksplorasi menjadi Eksploitasi. Di bagian ini, kamu bisa melihat bagaimana perdagangan rempah memengaruhi desain koin Nusantara. 

Lewat tampilan interaktif di layar, kamu juga bisa mengetahui jalur rempah juga mendorong pertukaran pengetahuan seperti teknologi maritim dan navigasi.

Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di Museum Kebangkitan Nasional dari 9 hingga 31 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Dari bagian ini, kamu bisa beralih ke sisi Ragam Alat Pengolah Rempah. Di sana, kamu bisa alat panen pala, keranjang pala hingga pipa tembakau.

Kemudian kamu bisa singgah ke bagian instalasi Herbarium Rempah yang menunjukkan fungsi dan kegunaan aneka rempah.

Di sebelah kanannya terdapat Peta Interaktif Jalur Rempah, di bagian ini kamu bisa mencium aroma beberapa rempah di dalam tabung. Menariknya, begitu kamu mengangkat tabung dari tempatnya, layar televisi akan menjelaskan sejarah rempah tersebut dan membawa kita seolah di tengah alam.

Berdasarkan Relief Jataka Avadhana dari Candi Borobudur yang menunjukkan sebuah kapal berlayar di antara ombak tinggi. Kapal tersebut dinamai 'Samudra Raksa' yang berarti Penguasa Lautan.

Replika Kapal Borobudur dalam Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di Museum Kebangkitan Nasional dari 9 hingga 31 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Relief yang dibuat pada abad ke-8 atau ke-9 masehi ini menjadi bukti tradisi pelayaran yang panjang di Kepulauan Nusantara.

Di dekat relief terdapat replika kapal Samudra Raksa. Nah, jika kamu membawa putra-putri ke pameran tersebut, rasakan pengalaman interaktif menaiki kapal tersebut. Selama tiga menit di atas kapal akan merasakan seolah berlayar dan goncangan akibat ombak tinggi. Replika kapal ini bisa menampung hingga lima orang.

Sepanjang pameran akan diadakan berbagai program publik yang melibatkan para pelajar, mahasiswa/i, komunitas rempah, penggiat budaya dan publik secara umum.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain seperti Sesi Berbagi, Sesi Kongkow Akhir Pekan, Sesi Rumpi Rempah, Sesi Aksi untuk Bumi, Sesi Jamuan Negeri Rempah dan Sesi Pertunjukan Musik pada setiap akhir minggunya.

Untuk mengunjungi pameran, publik dapat membeli tiket dengan tarif Rp2.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak melalui mengakses laman pameranmuskitnas.

Sebagai informasi, Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia ini diselenggarakan oleh Museum dan Cagar Budaya bersama dengan unit Museum Nasional Indonesia dan Museum Kebangkitan Nasional berkolaborasi dengan berbagai ahli dan pihak seperti Culture Lab Consultancy (CLC), Yayasan Negeri Rempah dan Cukup Cakap

Tertarik mengunjungi Pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di masa liburan Natal dan Tahun Baru, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Ada Pameran Immersive Hong Kong di Jakarta, Cocok Untuk Wisata Kota

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."