8 kebiasaan Hidup Sehari-hari yang Bikin Lebih Bahagia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Unsplash.com/Lesly Juarez

Ilustrasi wanita tersenyum. Unsplash.com/Lesly Juarez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan Hubungan atau Relationship kali ini, kita mengupas rutinitas harian yang dapat membuat diri sendiri lebih bahagia. Setiap orang punya makna kebahagiaan masing-masing. Bisa jadi menghabiskan waktu di alam adalah kebahagiaan bagi sejumlah orang, sementara yang lain merasa bahagia seusai membaca buku atau memasak. Jika Anda ingin lebih bahagia, coba terapkan sederet kebiasaan hidup sehari-hari yang bikin lebih bahagia menurut Dr Jyoti Kapoor, Pendiri-Direktur dan Psikiater Senior, Manasthali dari India.

Sebelum mengulik poin-poinya, perlu kita ingat kebahagiaan bukanlah pencapaian yang terjadi satu kali saja, melainkan sebuah proses berkelanjutan atau serangkaian kebiasaan yang dapat mengubah pandangan Anda ke arah yang lebih positif. 

1. Latihan Syukur

Mempraktikkan rasa syukur dapat membantu Anda melihat yang terbaik meskipun ada hal-hal yang tidak menguntungkan Anda. Ini membantu Anda menyembuhkan dan mengatasi kegagalan masa lalu.

Kembangkan kebiasaan mengungkapkan rasa syukur setiap hari. Praktik ini mengalihkan fokus Anda dari apa yang kurang ke apa yang Anda miliki, sehingga menumbuhkan rasa berkelimpahan.

2. Hidup Penuh Perhatian

Kebahagiaan tidak sulit dipahami jika Anda berhasil menemukannya pada saat ini. Terlibatlah sepenuhnya dalam apa pun yang Anda lakukan, baik itu makan, bekerja, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Perhatian penuh meningkatkan kesadaran Anda, mengurangi stres, dan memungkinkan Anda menikmati kesenangan hidup yang sederhana.

3. Olahraga Teratur

Olahraga melepaskan endorfin, peningkat suasana hati alami tubuh, sehingga meningkatkan rasa sejahtera. Baik itu jalan cepat, yoga, atau rutinitas olahraga, olahraga teratur berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental Anda.

4. Kebiasaan Tidur yang Sehat

Prioritaskan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya termasuk rutinitas harian yang bikin lebih bahagia. Pikiran dan tubuh yang cukup istirahat lebih siap untuk menghadapi tantangan sehari-hari dan menjaga keseimbangan emosional.

5. Berbuat Kebaikan

Berusahalah secara sadar untuk melakukan tindakan kebaikan kecil bagi orang lain. Entah itu pujian, uluran tangan, atau sikap bijaksana, menyebarkan hal-hal positif tidak hanya bermanfaat bagi orang lain tetapi juga berkontribusi pada rasa kepuasan dan kebahagiaan Anda sendiri.

6. Pembelajaran Berkelanjutan

Salah satu cara bikin Anda lebih bahagia adalah terlibat dalam aktivitas yang merangsang pikiran, baik itu membaca, menghadiri lokakarya, atau memperoleh keterampilan baru. Belajar mendorong pertumbuhan pribadi, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan rasa pencapaian.

7. Berkegiatan di Alam

Habiskan waktu di luar ruangan dan terhubung dengan alam secara teratur, hal itu bisa memberikan rasa tenang sekaligus perspektif di tengah tantangan hidup.

8. Detoksifikasi Digital

Ambil rehat dengan sengaja dari perangkat digital juga termasuk kebiasaan hidup sehari-hari yang bikin lebih bahagia. Konektivitas yang konstan dapat menyebabkan stres dan menurunkan kualitas hubungan Anda.

Pilihan Editor: 8 Cara agar Tetap Bahagia di Tempat Kerja yang Penuh Tekanan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."