Saat Menlu Retno Marsudi Tampil Anggun Berbalut Kebaya Janggan ala Gadis Kretek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan kebaya ala Gadis Kretek saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Jumat, 8 Desember 2023. Dokumentasi: Istimewa

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan kebaya ala Gadis Kretek saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Jumat, 8 Desember 2023. Dokumentasi: Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan Menlu Retno Marsudi namanya jika tidak tampil on point dan menuai perhatian. Seperti pada video yang belum lama diunggah di salah satu kegiatan Retno tampil mengikuti gaya fashion hits yakni kebaya janggan khas serial Gadis Kretek. 

Dalam video tersebut, perempuan asal Semarang ini tampil anggun dan menawan berbalut kebaya janggan warna hitam dipadukan brooch emas, tak lupa ia memadukannya dengan kain batik bercorak klasik. Guna menyesuaikan occassion, Retno melengkapi alas kakinya dengan flat shoes senada dengan kebaya hingga terlihat serasi. 

Untuk diketahui, kebaya janggan ialah ragam kebaya khusus perempuan bangsawan dan bermartabat. Kebaya ini lahir pada akhir masa Perang Diponegoro tahun 1830-an yang mengadopsi model seragam militer Eropa yang identik dengan kerah tinggi dan tidak menutup.

Beberapa tokoh sejarah wanita juga mengenakan kebaya Janggan di kehidupan sehari-harinya, seperti Ratna Ningsih, istri Pangeran Diponegoro, yang mengenakan kebaya Janggan untuk menyembunyikan senjatanya. Lalu pahlawan nasional, Nyi Ageng Serang juga sering mengenakan kebaya ini.

Kebaya Janggan umumnya berwarna hitam sebagai simbol warna ketegasan, kesederhanaan, dan kedalaman dan sifatnya sesuai dengan kepribadian tokoh Dasiyah pada serial Gadis Kretek. Pada serial lima episode ini, Dian Sastro mengenakan beberapa modifikasi Kebaya Janggan warna hitam dan putih.

Sebagai informasi, Retno mengenakan kebaya janggan saat mendampingi Presiden Joko Widodo menerima Surat Kepercayaan dari Duta Besar Asing yang terakreditasi untuk Indonesia. 

"Dalam pertemuan dibahas mengenai hasil Keketuaan Indonesia di ASEAN, kerjasama ASEAN-Prancis termasuk implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan situasi #Gaza yang terus memburuk. Indonesia meminta Prancis untuk memberikan dukungan terhadap rencana Resolusi mengenai Gaza di Dewan Keamanan PBB yang dibahas pada 8 Desember.

Pilihan Editor: Bacakan Puisi untuk Palestina, Retno Marsudi: Pantang Mundur Terus Membantumu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."