Tren Collagen Stimulator Semakin Diminati Demi Wajah Awet Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perawatan kecantikan. shutterstock.com

Ilustrasi perawatan kecantikan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keinginan untuk awet muda menjadi salah satu keinginan utama wanita. Medical Aesthetic Physician, Olivia Aldisa, mengatakan selama 10 tahun terakhir, injeksi botox dan hyaluronic acid (HA) menjadi perawatan injeksi yang paling diminati untuk tampil awet muda. “Yang menarik, sekarang ada satu kategori baru yang booming, yaitu collagen stimulator. Terjadi peningkatan 171,8 persen atau dua kali lipat dalam empat tahun terakhir,” kata Aldisa dalam keterangan pers yang diterima Cantika.com.

Estetika medis berkembang sangat cepat. Dari tahun ke tahun, trennya cepat sekali berubah. Aldisa mengatakan setelah pandemi Covid-19 berakhir, masyarakat lebih banyak yang ingin mengikuti ke perawatan yang bisa menyembuhkan atau self-healing. "Aesthetica regenerative yang bisa membalikkan penuaan, menjadi pilihan,” kata Aldisa. 

Masyarakat pun lebih menginginkan hasil yang natural dan menunjukkan keunikan diri. Aldisa menjelaskan bahwa prinsip estetika regeneratif menitikberatkan pada kemampuan alami tubuh untuk memperbaiki, memulihkan, dan meremajakan sel. Perawatan yang lebih diminati yaitu non-surgical dibandingkan yang bedah, terutama injeksi (penyuntikan). “Selain hasilnya lebih cepat, durasi treatment juga lebih singkat,” ujar  Aldisa.

Konferensi pers bertajuk “Gorgeous Glow: The New Trend of Liquid Injection Collagen Stimulator”/Istimewa

Tak heran bila perawatan injeksi menjadi high demand. Peningkatan pasar estetika injeksi sangat menjanjikan, yaitu 12 persen/tahun dalam 5 tahun ke depan. Indikasi injeksi estetik juga makin luas. Mulai dari botoks yang bekerja di otot, filler, skin booster, dan lain-lain.  

Collagen Stimulator

Secara garis besar, terdapat tiga lapisan kulit: epidermis, dermis, dan subdermis (adipositas). “Saat masih muda, susunan sel-sel di epidermis masih rapi. Di lapisan dermis, fibroblast, serat kolagen, dan serat elastin masih banyak. Turun lagi ke lapisan subkutan, sel lemak masih rapi, sehingga kulit tampak rata, mulus, kenyal, dan kelembapannya baik,” kata Aesthetic & Anti-Aging Doctor Aji Bayu Chandra.

Menurut Bayu, fibroblast adalah sel induk yang bertugas menghasilkan serat kolagen dan serat elastin. “Serat kolagen membuat kulit memiliki kekuatan sehingga tidak mudah robek, sedangkan serat elastin membuat kulit kenyal,” katanya.

Ketika seseorang menua, secara alamiah epidermis menjadi lebih tipis dan susunan selnya jadi tidak beraturan. Stratum basal, lapisan terbawah epidermis yang memisahkan epidermis dengan dermis, menjadi bergelombang, membuat kulit tampak tidak rata. “Pada dermis, terjadi penurunan fibroblast sehingga produksi serat kolagen dan serat elastin pun menurun. Alhasil, kulit tidak kenyal lagi,” kata Bayu. Turun lebih jauh ke subdermis, susunan sel lemak pun berubah, tidak lagi rapi. Akhirnya tampaklah tanda-tanda penuaan pada kulit.

“Kerusakan akan lebih jelas terlihat kalau kulit banyak terpapar sinar matahari,” kata Bayu. Faktor-faktor eksternal seperti polusi udara, sinar UV, serta gaya hidup hingga stres yang kurang baik memang bisa mempercepat penuan kulit. 

Tren injeksi terbaru yaitu collagen stimulator Gorgeous Glow dari Parvus Medica bekerja pada lapisan dermis. “Ketika diinjeksikan ke kulit, collagen stimulator akan merangsang fibroblast menjadi lebih aktif untuk memproduksi serat kolagen dan serat elastin baru,” terang dr. Bayu. 

Dengan demikian, serat kolagen maupun elastin meningkat, membuat dermis menjadi lebih tebal, sehat, dan elastisitasnya meningkat. “Efeknya pun bertahan lama, hingga 6 – 12 bulan.
Perawatan dengan Gorgeous Glow sangat sederhana dan cepat. “Hanya 5-10 menit. Dan dengan teknik yang baru sama sekali tidak sakit,” ujar Medical Aesthetic Physician Edo Raharja Sutanto. Dulu, penyuntikan dilakukan di beberapa titik, dan cukup menyakitkan. “Sekarang hanya tiga titik di tiap sisi wajah. Skala nyerinya hanya 2 dari skala 0-10,” katanya. 

Gorgeous Glow bisa dilakukan oleh usia muda hingga tua, danpada kulit berjerawat, perawatan Gorgeous Glow menggunakan produk Gouri dimana produk tersebut merupakan produk yang mendapatkan penghargaan AMWC awards . Kini perawatan Gorgeous Glow dapat dinikmati di klinik kecantikan di Indonesia seperti klinik Youthology, Miracle, GloSkin, Maharva, Charlene, Quickglam.

Pilihan Editor: Bukan Hanya Latihan Fisik, Ini Rahasia Awet Muda Jennifer Lopez

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."