6 Cara Mudah Merancang Resolusi Tahun Baru Lebih Awal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun 2024 akan segera tiba. Jika Anda memikirkan resolusi tahun baru, maka Anda tidak sendiri. Apakah Anda berencana untuk mencapai mimpi baru di tahun 2024? Mungkin Anda memiliki peluang berhasil lebih besar jika Anda memulai resolusi dari sekarang. Anda bisa membuat rencana yang akan dilakukan ke depan, sehingga Anda bisa mulai bekerja meskipun dari hal-hal kecil. 

Berikut enam cara untuk memulai resolusi tahun baru Anda lebih awal.

1. Ketahui Alasan

Abbey Sangmeister, seorang terapis, mengatakan Anda dapat memulai resolusi Anda kapan saja selama Anda mengetahui niat Anda.

“Apa alasan Anda mengambil resolusi ini? Ikat emosi yang kuat ke dalamnya, serta visualisasikan bagaimana perasaan Anda dan ketahui kapan Anda mencapai tujuan yang sangat spesifik dan dapat dicapai," ucapnya dikutip dari Real Simple, 5 Desember 2023.

2. Tetapkan Tujuan Realistis

Setelah Anda mengetahui alasannya, pastikan resolusi Anda benar-benar dapat dicapai.

“Buatlah tujuan tersebut dapat dicapai, sehingga Anda dapat menaatinya,” kata Sangmeister.

Misalnya, menurunkan berat badan 13 kg dalam 30 hari mungkin tidak dapat dicapai oleh kebanyakan orang. Tapi bila Anda rajin melakukan olahraga demi mencapai tujuan, maka itu mungkin terjadi.

3. Mulai Secara Perlahan dan Konsisten

Jangan mencoba mengubah semuanya sekaligus. Terapis Hollie Swire memberi tahu bahwa memulai secara perlahan adalah salah satu pendekatan yang lebih baik.

“Orang sering kali mencapai kesuksesan dengan memulai secara perlahan dan menciptakan kebiasaan yang konsisten,” katanya. “Saya ingin mengingatkan bahwa perubahan kecil juga penting," tegasnya.

4. Kenali Kelemahan Anda

Mengenali kelemahan Anda bisa menjadi kekuatan yang penting untuk mencapai tujuan, terutama dalam olahraga. Misalnya, jika Anda mencoba lari maraton, memperkuat otot Anda sangatlah penting untuk membantu Anda menjadi pelari yang Anda inginkan.

“Saat Anda memulai, penting untuk memahami kelemahan Anda dan memprioritaskan untuk mengubahnya menjadi kekuatan,” kata Louis Chandler, Instruktur Alo Moves.

5. Manfaatkan Diskon

Jika resolusi Anda memerlukan pembelian beberapa jenis peralatan, belilah barang-barang itu satu per satu, dan bisa dimulai dari sekarang karena ada beragam promo akhir tahun. Hal ini terutama berlaku jika resolusi Anda adalah membuat lebih banyak makanan rumahan.

 "Akhir tahun adalah waktu di mana semua jenis peralatan dapur mulai dijual dengan tawaran menarik, jadi belilah sesuatu yang akan menyederhanakan resolusi memasak 2024 Anda. Bayangkan crock pot, air fryer, blender, apa saja," kata Carrie Rose, pendiri SunUp Coaching LLC.

6. Cari Bantuan

Tidak ada salahnya meminta bantuan bila Anda membutuhkannya. Rose menyarankan untuk menyewa konsultan untuk membantu Anda membuat rencana.

“Seorang konsultan kehidupan adalah dukungan dari luar dan objektif yang dapat membantu Anda menyusun strategi tujuan dan membuat Anda bertanggung jawab. Anda dapat menggunakan sisa tahun 2023 untuk membuat resolusi yang berkelanjutan untuk tahun 2024.”

Bergantung pada tujuan Anda, ada berbagai macam bantuan dari luar yang tersedia. Misalnya, jika resolusi Anda adalah berhenti atau mengurangi konsumsi minuman beralkohol, temuilah terapis atau carilah kelompok dukungan setempat. Apakah tujuan Anda menjaga rumah lebih rapi? Pesan jasa organizer profesional. Ingat, mungkin sulit bagi kebanyakan orang untuk melakukan perubahan untuk dirinya sendiri.

Pilihan Editor: Hindari Bikin Resolusi Tahun Baru yang Tak Realistis, Ini 4 Alasannya

ANNISA YASMIN | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."