Mengenal Sosok Valerina Daniel, Moderator Debat Pilpres Perdana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Valerina Daniel/Foto: Instagram/Valerina Daniel

Valerina Daniel/Foto: Instagram/Valerina Daniel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nama Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya sebagai moderator pada debat perdana Pilpres 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2023. Nantinya Valerina dan Ardianto akan menjadi penengah penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat perdana yang akan dilaksanakan di kantor KPU nanti.

Pemilihan dua nama ini diakui telah sesuai kriteria sebagai moderator yaitu berasal dari kalangan profesional dan akademisi, memiliki integritas tinggi, bersikap netral, serta memiliki kemampuan tampil di muka publik.

Valerina Daniel sendiri adalah seorang jurnalis televisi yang telah sering kali ditunjuk sebagai moderator dalam berbagai acara baik kancah nasional atau pun dunia. Mari mengenal sosok Valarie sebelum melihat penampilannya pada debat pilpres 2024 perdana Selasa mendatang. 

Mengikuti Kontes Kecantikan

Valerina Novita Daniel lahir di Jakarta, 28 November 1978 sebagai anak pertama dari orang tua yang berasal dari Sumatera Barat. Valerina telah mengikuti beberapa kontes kecantikan dan berhasil meraih posisi atas, yaitu None Jakarta pada Abang None Jakarta 1999 dan Runner Up 2 Putri Indonesia 2005.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional, Valerina berhasil mendapatkan beasiswa Australian Leadership Awards tahun 2008 lalu mulai menempuh S2 di Universitas Monash dan berhasil lulus dengan gelar Master Bidang Komunikasi dan Media.

Aktif di Bidang Lingkungan

Tahun 2007, Valerina ditunjuk sebagai Duta Lingkungan dan bertugas sebagai Communications Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim. Menjalani tugasnya, Valerina telah menulis sejumlah buku seri lingkungan yaitu Easy Green Living, Aku Sayang Bumi, dan 4 Sahabat Super.  Berkat dedikasinya sebagai Duta Lingkungan, Valerina berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Green Award 2011.

Valerina sempat berkarier di dunia lingkungan dengan menjadi Juru Bicara dan Penasihat Komunikasi program Sistem Verifikasi Legalitas Kayu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga tahun 2018. Lalu dilanjutkan sebagai Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2018 hingga 2020. Dengan pengalamannya di bidang lingkungan, Valerina pun kini dipercaya sebagai Penasihat Komunikasi dan Keberlanjutan untuk Pemerintah Indonesia.

Presenter di Berbagai Televisi

Valerina aktif sebagai penyiar berita program Bahasa Inggris di TVRI World. Dia telah memulai karir di dunia jurnalistik sejak menjadi presenter di Lintas 5 TPI tahun 2000. Wajahnya sudah pernah menghiasi layar kaca berbagai stasiun televisi seperti MetroTV, SCTV, dan Berita Satu News.

Berkat kepiawaiannya dalam berbicara depan umum, Valerina sering ditunjuk sebagai moderator dan pembawa acara di berbagai acara kenegaraan dan kini wanita berusia 45 tahun ini akan tampil sebagai moderator pada debat Pilpres 2024 pada 12 Desember nanti.

Pilihan Editor: Tips Bepergian ala Valerina Daniel

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."