6 Teknik Non-Verbal Menunjukkan Kepemimpinan di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bicara soal kepemimpinan di tempat kerja tak hanya mengandalkan komunikasi verbal. Menguasai seni teknik non-verbal salah satu strategi ampuh untuk membangun kepemimpinan yang berwibawa di tempat kerja. Teknik-teknik non-verbal di bawah ini tak hanya membangun kehadiran Anda dalam tim, tetapi juga menumbuhkan suasana Anda dapat memimpin dengan percaya diri.

1. Pertahankan Postur Tegak

Aspek mendasar dalam memproyeksikan kepemimpinan adalah mempertahankan postur yang kuat dan tegak. Isyarat non-verbal ini mengungkapkan rasa percaya diri dalam segala hal dan memberi isyarat kepada kolega Anda bahwa Anda siap untuk mengambil alih.

Selama rapat dan interaksi, luruskan tulang punggung Anda secara sadar dan berdiri tegak, ciptakan representasi visual dari sikap berwibawa Anda.

2. Kontak Mata Tegas

Mata, yang sering disebut sebagai jendela jiwa, memainkan peran penting dalam komunikasi non-verbal. Membangun otoritas dimulai dengan menjaga kontak mata yang stabil dan tegas. Hal ini tidak hanya menunjukkan ketulusan tetapi juga menyampaikan rasa kendali.

Menyeimbangkan antara ketegasan dan kemudahan didekati melalui tatapan percaya diri dan bukan tatapan marah, menjadikan Anda sebagai pemimpin yang tegas dan menarik.

3. Menggunakan Jeda saat Mengungkapkan Hal Penting

Komunikasi yang efektif tidak selalu berarti Anda berbicara dengan lantang, jeda juga bisa menjadi alat yang ampuh. Kuasai seni jeda strategis untuk menyampaikan perhatian dan mengontrol ritme percakapan.

Manfaatkan jeda untuk menekankan poin-poin penting, sehingga kata-kata Anda dapat bergema dan meninggalkan dampak yang bertahan lama pada kolega Anda.

4. Menciptakan Koneksi

 Dengan meniru bahasa tubuh orang-orang di sekitar Anda, Anda menciptakan rasa persatuan. Hal ini tidak hanya memupuk koneksi tetapi juga mempermudah panduan dan memengaruhi dinamika kelompok, sehingga membangun kepemimpinan Anda dengan mulus.

5. Gerakan dengan Tujuan

Setiap gerakan menceritakan sebuah kisah, dan gerakan yang disengaja dapat meningkatkan komunikasi non-verbal Anda secara signifikan. Gunakan isyarat yang bertujuan untuk menggarisbawahi kata-kata Anda dan menekankan pesan-pesan utama.

Hindari gerakan-gerakan gelisah atau berlebihan yang tidak perlu, alih-alih biarkan gerakan yang Anda sengaja lakukan untuk memperkuat kehadiran dan menekankan kepemimpinan Anda. Anda bahkan dapat mempraktikkan gerakan umum ini di rumah demi kenyamanan Anda.

6. Berjalan Penuh Percaya Diri

Saat Anda bergerak di sekitar kantor, berjalanlah dengan tujuan dan pertahankan kecepatan yang stabil dan hati-hati. Berjalan dengan penuh keyakinan tidak hanya menunjukkan otoritas, tetapi juga memberikan teladan bagi orang-orang di sekitar Anda. Anda dapat membangun budaya di mana kepemimpinan Anda.

Pilihan Editor: Seni Kepemimpinan Perempuan ala Direktur AirNav Indonesia dan Wali Kota Mojokerto

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."