Seni Kepemimpinan Perempuan ala Direktur AirNav Indonesia dan Wali Kota Mojokerto

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Polana B. Pramesti sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) dan Ika Puspitasari sebagai Wali Kota Mojokerto dalam talkshow Perempuan Inspiratif 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Polana B. Pramesti sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) dan Ika Puspitasari sebagai Wali Kota Mojokerto dalam talkshow Perempuan Inspiratif 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih dalam momen kemerdekaan Indonesia, Tempo Media Group mengadakan talkshow Perempuan Inspiratif menghadirkan dua tokoh perempuan yakni Direktur AirNav Indonesia Polana B. Pramesti dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari berbagi cerita kepemimpinan perempuan. 

Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita mengajak perempuan Indonesia yang jumlahnya secara kuantitas lebih banyak untuk terus berkembang di berbagai bidang yang digeluti. "Jangan pernah merasa berkecil hati sebelum mencob sebab kita tidak akan pernah tahu sejauh apa, sehebat apa kemauan, kapabilitas yang kita miliki sebelum kita mencobanya," ucap Ika dalam talkshow Perempuan Inspiratif  yang digelar Tempo, Selasa, 29 Agustus 2021 di Jakarta. 

Sebelum kemajuan dan keberagaman pekerjaan perempuan, sektor informal banyak diduduki oleh lelaki, sekarang perempuan punya kesempatan yang sama. "Artinya kita harus memiliki semangat untuk mencoba apapun karena saat ini pria dan perempuan tidak ada bedanya kita juga memiliki kemampuan yang sama dan setara," ucap Ika yang membaikan semangatnya menjadi pemimpin perempuan. 

"Dan ini akan bisa terlihat kalau kita sudah mencoba memaktualisasikan diri kita di berbagai bidang yang lain jadi jangan takut mencoba, semangatlah untuk mencoba. Saya mau mengatakan sedikit, pria dan perempuan itu ada bedanya, pria tidak bisa melahirkan."

Senada dengan Ika, Polana B Pramesti yang menjadi direktur pertama di bidang yang selama ini mendapat label maskulin juga mengatakan jika perempuan Indonesia saat ini jauh lebih hebat, kita di masa lalu memiliki seorang kartini sebagai pendobrak, inspirasi bagi kaum perempuan yang saat ini memiliki kebebasan untuk berekspresi di berbagai bidang, Kini di abad 21 ini kita punya Kartini yang jumkahnya ribuan dan mampu mengerakkan Indonesia menjadi jauh lebih hebat. 

Sebagai informasi, AirNav Indonesia adalah satu-satunya badan usaha yang menyelenggarakan navigasi penerbangan di Indonesia.  "Ini penugasan pemerintah untuk melayani penerbangan di indonesia. Kenapa saya menerima karena saya tertantang," ucap Polana. 

"Waktu saya diberikan amanah, di masa pandemi Covid-19 , penerbangan sangat drop sekitar 10 sampai 20 persen dari sebelumnya," jelasnya.

"Itu challenge yang diberikan oleh pimpinan saya pada waktu itu Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk memperbaiki kinerja AirNav agar tetap sustain. Itu barangkali tantangan yang membuat saya menerima (amanah menjadi) Dirut AirNav Indonesia," tandas Polana B Pramesti.

Pilihan Editor:

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspita Sari Raih Apresiasi Bidang Pariwisata Berkarakter

SILVY RIANA PUTRI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."