Gaya Kate Middleton Memakai Kembali Tiara Ikoniknya, Berusia Lebih dari Satu Abad

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kate Middleton, Putri Wales dari Inggris, hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Kate Middleton, Putri Wales dari Inggris, hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putri Wales, Kate Middleton bersama dengan Pangeran William, Raja Charles dan Ratu Camilla berada di Istana Buckingham pada Selasa malam untuk Resepsi Diplomatik. Mereka berempat berpose untuk foto bersama di Ruang 1844. Acara tahunan ini menyambut ratusan anggota Korps Diplomatik ke kediaman kerajaan.

Untuk acara tahun ini, Kate memilih tiara spesial yakni Tiara Simpul Kekasih Ratu Mary yang menjadi hiasan kepala kerajaan paling sering dia kenakan yakni sebanyak 11 kali sejak tahun 2015.

Gaun yang dikenakan  juga menjadi favorit mendiang ibu mertuanya, Putri Diana, yang memakainya berkali-kali. Menurut Court Jeweller, tiara yang menakjubkan ini berusia lebih dari satu abad dan awalnya dipesan dari toko perhiasan Garrard oleh Ratu Mary pada tahun 1913 atau 1914. Ini adalah replika tiara milik nenek Mary, Putri Augusta dari Hesse, sang Istri Adipati Cambridge.

Perempuan 41 tahun ini mengenakan Tiara Simpul Kekasih pada bulan Juni di pesta pernikahan kerajaan Putra Mahkota Hussein dan Putri Rajwa dari Yordania — dan dia menciptakan kembali seluruh penampilannya dari pernikahan musim panas di resepsi istana. Selain mengulangi tiaranya, ia juga mengenakan gaun merah muda yang sama dari Jenny Packham.

Princess of Wales bahkan mempertahankan anting-antingnya tetap sama, dengan menggunakan anting-anting Greville Chandelier. Perhiasan menakjubkan tersebut, yang dikenakan Kate untuk pertama kalinya di pernikahan kerajaan Yordania pada bulan Juni, merupakan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth, yang menerima anting-anting tersebut sebagai hadiah pernikahan dari orang tuanya, Raja George VI dan Ratu Elizabeth, Ibu Suri ketika dia menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947, menurut Royal Collection Trust.

Untuk acara di istana, Kate mengenakan selempang biru Royal Victorian Order serta Royal Family Order yang menampilkan Ratu Elizabeth (satu untuk Raja Charles belum memulai debutnya).

Kate Middleton, Putri Wales dari Inggris, hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Sementara itu, Ratu Camilla juga mengenakan tiara untuk resepsinya. Hanya dua bulan setelah memulai debutnya di Girls of Great Britain and Ireland Tiara, aksesori yang sangat dekat dengan Ratu Elizabeth, dia memakainya lagi.

Pemakaian tiara terbaru Putri Kate terjadi dua minggu lalu ketika dia membantu menjamu Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeo dan Ibu Negara Kim Keon Hee untuk jamuan kenegaraan di Istana Buckingham. Dan pilihan topi bajanya benar-benar mengejutkan – yang belum pernah dikenakan di depan umum sejak tahun 1930an.

Kate mengenakan Strathmore Rose Tiara, dan debutnya menandai tiara keempat yang dikenakan oleh Putri Wales selama kehidupan kerajaannya.

Topi baja bermotif bunga, yang tidak terlihat selama hampir sembilan dekade, adalah bagian dari koleksi Ibu Suri. Menurut The Court Jeweller, nama aksesori tersebut berasal dari ayah Ibu Suri, yang merupakan Earl of Strathmore dan Kinghorne, dan merupakan hadiah pernikahan ketika ia menikah dengan Pangeran Albert (calon Raja George VI, ayah Ratu Elizabeth). Setelah Ibu Suri, Putri Kate menjadi orang kedua yang mengenakan Tiara Strathmore Rose di depan umum.

"Kate selalu memberi isyarat bahwa dia ingin meniru peran kerajaan Ibu Suri, dan mengenakan perhiasannya adalah simbol penting dari kesinambungan itu," Lauren Kiehna, pendiri The Court Jeweller, memberi tahu People. "Sangat pantas bahwa Kate - kemungkinan dengan bantuan dari Raja Charles - akan memilih untuk mengenakan tiara tepat seratus tahun setelah Ibu Suri pertama kali menerimanya. 

"Tiara ini hadir dengan dua bingkai, sehingga dapat dikenakan di dahi atau di atas kepala. Ibu Suri menggunakan keduanya, dan Kate memilih suasana yang lebih tradisional untuk jamuan makannya," tambah Kiehna.

Pangeran William dan Kate Middleton hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Raja Charles terkenal dekat dengan neneknya, yang meninggal pada tahun 2002, dan Putri Kate yang membawa tiara itu kembali ke mata publik kemungkinan besar merupakan tanda ikatannya dengan raja. Baru-baru ini, Raja menyebut Kate sebagai "menantu perempuan tercinta".

Tahun lalu pada Resepsi Diplomatik, Kate juga mendapatkan tiara kejutan — Tiara Bunga Teratai. Meskipun Kate sebelumnya mengenakan topi baja, acara tahun lalu menandai pertama kalinya dia memakainya sejak tahun 2015. Dia telah mengenakan kembang api tersebut pada resepsi diplomatik tahun 2013 di Istana Buckingham serta jamuan kenegaraan tahun 2015 untuk Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Ibu Suri menciptakan Tiara Bunga Teratai dari kalung yang merupakan hadiah pernikahan dari suaminya, calon Raja George VI, menurut The Court Jeweller. Putri mereka, Putri Margaret, kemudian mengenakan perhiasan tersebut — dan Putri Margaret meminjamkan perhiasan tersebut kepada Serena Stanhope ketika Serena menikahi putra Margaret pada tahun 1993.

Pilihan Editor: Berenang di Air Dingin, Salah Satu Cara Kate Middleton Menjaga Kebugaran Tubuh

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."