Gibran Kecele Bicara Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Ini 5 Buah yang Mengandung Asam Folat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pisang. Foto: Unsplash.com/Anastasia Eremina

Ilustrasi pisang. Foto: Unsplash.com/Anastasia Eremina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, sempat kecele menyebut asam sulfat sebagai salah satu kandungan yang penting dimiliki ibu hamil. Namun setelah disorot netizen, Gibran akhirnya meminta maaf dan mengoreksi ucapannya. Ia bermaksud menyebut asam folat yang baik untuk calon ibu, bukan asam sulfat. 

Folat adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai jenis vitamin B9. Asam folat adalah bentuk folat sintetis yang digunakan dalam fortifikasi makanan. Asam folat membantu tubuh membuat sel-sel baru yang sehat. Setiap orang membutuhkan asam folat, terutama bagi wanita hamil.

Mendapatkan cukup asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah cacat lahir besar pada otak atau tulang belakang bayi. Asam folat digunakan untuk mencegah dan mengobati kadar folat dalam darah rendah (defisiensi folat) dan kadar homosistein dalam darah tinggi atau disebut hiperhomosisteinemia.

Asam folat juga digunakan untuk banyak kondisi lain termasuk depresi, stroke, penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan banyak lainnya. Tubuh kita menggunakan vitamin B untuk membuat sel-sel baru dalam kulit, rambut, dan kuku.

Sumber asam folat pun salah satunya adalah buah-buahan. Dikutip dari Verywell Health, asam folat atau vitamin B9 nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan kesehatan otak.

Simak 5 buah yang mengandung asam folat: 

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C dan asam folat. Buah jeruk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Buah jeruk cocok dikonsumsi ketika tubuh sedang letih.

2. Pisang

Dikutip dari Healthline, pisang mengandung vitamin dan mineral. Pisang mengandung asam folat dan kalium. Pisang salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di pasaran. Satu buah pisang bobot 100 gram mengandung 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, dan 0,3 gram lemak.

3. Pepaya

Pepaya mengandung asam folat, vitamin C, dan serat. Buah pepaya yang bobotnya 152 gram mengandung 59 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein, vitamin C 157 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI), vitamin A 33 persen dari RDI, folat (vitamin B9) 14 persen dari RDI, potasium 11 persen dari RDI, dan deretan nutrisi lainnya kalsium, magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K. Pepaya mengandung karotenoid sebagai antioksidan.

4. Buah berry (stroberi, blueberry, raspberry)

Buah berry mengandung asam folat dan antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Buah stroberi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dikutip dari WebMD, stroberi mengandung 91 persen air dan 7,7 persen karbohidrat. Lemak yang terkandung di dalamnya hanya 0,3 persen dan protein sebesar 0,7 persen. Nutrisi dalam 3,5 ons atau setara 100 gram stroberi, yakni kalori 32 dan serat 2 gram.

5. Alpukat

Alpukat mengandung asam folat dan lemak sehat untuk kesehatan jantung. Dikutip dari situs web Dr. Axe, alpukat juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Buah ini menyediakan lemak baik dalam porsi asupan yang sehat dan hampir semua mikronutrien penting. Itu sebabnya, alpukat baik untuk jantung, usus, kulit, mata, rambut, otak, sistem kekebalan tubuh. Dalam setengah buah alpukat, ada sekitar 2,1 miligram vitamin E yang memenuhi kebutuhan harian hingga 14 persen.

Pilihan Editor: Gibran Salah Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil Harusnya Asam Folat, Ini Makna Keduanya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

MALINI | BRAM SETIAWAN 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."