Kreasi Resep Pizza Calzone Isi Sayuran, Campuran Terong dan Paprika Merah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pizza Calzone. Shutterstock

Pizza Calzone. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidangkan malam pizza konvensional dan jadikan malam calzone. Resep pizza calzone vegetarian ini seperti memakan kantong pizza, dan kabar baiknya—resep ini benar-benar berisi sayuran. Campuran terong, zucchini, paprika merah, dan bawang merah dibumbui dengan bumbu Italia dan dipanggang hingga empuk dan menjadi karamel. 

Pesta vegetarian tidak berhenti di situ; di bagian krim calzone yang disukai, sejumlah besar bayam diaduk ke dalam ricotta. Sentuhan terakhir (cheesy) adalah taburan mozzarella. Sajikan dengan saus marinara untuk saus yang nikmat. Jika Anda tidak memiliki bumbu Italia, buatlah sendiri dengan oregano kering dan tyme.

Berkreasilah dengan isiannya dan pilih sayuran sesuai dengan selera, atau perlakukan seolah-olah Anda sedang memilih topping pizza favorit Anda. Tukar terong dan zucchini dengan labu atau coba brokoli dan jamur.

Bahan-bahan: 

1 1/2 cangkir terong cincang 

1 zucchini sedang, potong dadu berukuran 1/2 inci

1 paprika merah, potong 3/4 inci

1 cangkir bawang merah cincang kasar

2 sdm minyak zaitun, ditambah lagi untuk loyang

1/2 sdt bumbu Italia bebas garam

1 sdt garam 

10 ons bayam cincang beku, dicairkan dan diperas hingga kering

3/4 cangkir keju ricotta susu utuh

1/4 cangkir kemangi segar cincang kasar

1 pon adonan pizza gandum utuh, pada suhu kamar

Tepung serbaguna, untuk taburan

4 ons mozzarella part-skim dengan kelembapan rendah, diparut (sekitar 1 cangkir)

1 telur besar

Saus Marinara, untuk dicelupkan

Cara Membuat: 

1. Bekukan calzone yang sudah didinginkan dalam satu lapisan di atas loyang berlapis. 
Setelah dibekukan (hanya dalam beberapa jam), pindahkan ke kantong freezer atau wadah kedap udara dan simpan hingga tiga bulan. Defrost di lemari es semalaman dan panaskan kembali dalam oven atau oven pemanggang roti hingga hangat, sekitar 10 menit.

2. Panaskan oven hingga 450°F Campurkan terong, zucchini, paprika, bawang bombay, minyak, bumbu Italia, dan 1/4 sendok teh garam di atas loyang berbingkai besar. Panggang sampai empuk, sekitar 20 menit, aduk hingga setengah matang. Keluarkan dari oven dan biarkan agak dingin, sekitar 5 menit. Tempatkan batu pizza atau loyang besar terpisah di rak oven tengah untuk memanaskan.

3. Selagi sayuran dipanggang, aduk bayam, ricotta, basil, dan sisa 3/4 sendok teh garam dalam mangkuk sedang.

4. Potong adonan pizza menjadi 4 bagian. Letakkan 1 porsi di atas permukaan kerja yang sudah ditaburi tepung. Tutupi sisa bola adonan dengan handuk basah. Gulung adonan menjadi lingkaran berukuran 8 hingga 9 inci, tambahkan lebih banyak tepung ke permukaan kerja dan adonan sesuai kebutuhan agar tidak lengket.

5. Sendokkan 1/4 cangkir campuran bayam-ricotta ke bagian bawah lingkaran, sisakan batas 1 inci. Taburi dengan 1/2 cangkir campuran sayuran panggang dan 1/4 cangkir mozzarella. Lipat adonan menjadi dua di atas isian. Tekan tepinya untuk menutup; keriting sesuai keinginan. Lipat sudut luar dan tekan untuk menutup. Ulangi dengan sisa bola adonan dan isian.

6. Kocok telur dan 1 sendok makan air dalam mangkuk kecil. Sapukan calzone. Potong 3 celah kecil di atas setiap calzone.

7. Pindahkan calzones dengan hati-hati ke batu pizza, jika menggunakan. Atau keluarkan loyang dari oven, olesi dengan minyak, dan pindahkan calzone ke loyang.

8. Panggang sampai calzone berwarna coklat keemasan, 15 hingga 18 menit. Diamkan selama 10 menit. Sajikan dengan saus marinara untuk dicelupkan.

Waktu persiapan:
40 menit
Jumlah Waktu:
1 jam 5 menit
Porsi:
4

Pilihan Editor: Diet Sehat dengan Asupan 5 Jenis Sayuran, dari Kale hingga Bayam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."