Alasan Mengapa Butuh Kandungan SPF pada Pelembab Bibir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita dengan bibir merah alami dan gigi sehat. Freepik.com/jannoon028

Ilustrasi wanita dengan bibir merah alami dan gigi sehat. Freepik.com/jannoon028

IKLAN

Bagaimana Mengenalinya Jika Bibir Anda Terbakar Sinar Matahari

Tidak sulit untuk mengetahui apakah bibir Anda terbakar sinar matahari atau tidak. Dr Graf menjelaskan, gejala bibir terbakar sinar matahari sangat mirip dengan bibir pecah-pecah. "Anda mungkin mengalami pengelupasan, kekeringan, dan sensitivitas," katanya. Bibir mungkin melepuh dan merah, yang merupakan tanda awal kerusakan akibat sinar matahari.

Melindungi Bibir Terhadap Sinar Matahari

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk hanya menggunakan tabir surya ber-SPF harian untuk wajah Anda (atau bahkan untuk tubuh Anda), kedua ahli tersebut tidak menyarankannya. “Saya tidak akan merekomendasikan penggunaan SPF pada tubuh atau wajah pada bibir Anda karena mungkin ada bahan yang berbahaya jika tertelan yang dapat terjadi saat produk dioleskan ke bibir,” kata Dr. Graf. “Karena jenis kulit di bibir dan kemudahan dalam menggosok produk, lip balm [dengan SPF] lebih disukai.” Tidak perlu mencari lagi: Kami telah mengumpulkan lip balm dengan kandungan SPF terbaik untuk dipakai sepanjang tahun.

Anda juga sebaiknya menghindari pengelupasan bibir saat terbakar sinar matahari, karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan membuat bibir lebih sensitif.

Cara Mengobati Bibir yang Terbakar Sinar Matahari

Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang terbakar sinar matahari adalah dengan menggunakan produk yang dapat menghidrasi dan mengurangi peradangan. Dr Graf mengatakan untuk mencari produk yang mengembalikan kelembapan pada bibir seperti shea butter dan lidah buaya atau mengonsumsi obat anti inflamasi seperti Ibuprofen untuk mengurangi pembengkakan dan meredakannya.

Dia juga merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin. Penelitian menunjukkan vitamin D3 yang diminum satu jam setelah sengatan matahari dapat membantu mengurangi gejalanya. Hal lain yang dapat Anda lakukan, kata Dr. Jacobs, termasuk mengoleskan kompres dingin berisi air, susu, atau lidah buaya untuk hidrasi tersebut.

Pilihan Editor:  Tips Kulit Sehat saat Liburan Outdoor, Bawa Sunscreen dan Pelembab Bibir

INSTYLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."