10 Rempah Ini Cocok Ditambahkan ke Kopi, dari Kayu Manis hingga Jahe

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rempah-rempah, kapulaga, biji pala, kayu manis dan jahe. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

Ilustrasi rempah-rempah, kapulaga, biji pala, kayu manis dan jahe. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bosan menikmati minum kopi dengan cara yang sama? Coba tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, pala, hingga cengkeh, untuk menambahkan kedalaman rasa. Bukan itu saja, rempah-rempah tersebut meningkatkan manfaat. Berikut deretan rempah beserta manfaatnya yang bisa ditambahkan ke kopi.

1. Kayu Manis

Ini merupakan hal baru mengingat tempat pengocok kayu manis kering ada di mana-mana di samping teko susu di sebagian besar kedai kopi. Kayu manis terasa hangat dan memberikan aroma pada kopi yang terkadang pahit. Ditambah lagi, kayu manis dikenal sebagai pembangkit tenaga antioksidan yang mampu membantu melawan peradangan.

2. Pala

Untuk mendapatkan rasa terbaik dan manfaat nutrisi optimal, keluarkan parutan terkecil, parut lalu tambahkan taburan pala segar ke dalam kopi Anda.

Seperti kayu manis, rasa musim gugur yang hangat ini menambahkan esensi seperti makanan penutup pada minuman Anda, tetapi juga dapat mendukung fungsi hati, melawan peradangan, juga berpotensi bekerja sebagai antimikroba.

3. Daun Mint

Jika Anda sedang mengocok minuman dingin atau minuman es kopi, cobalah menghancurkan beberapa daun mint segar ke dalam gelas Anda sebelum menambahkan kopi Anda. Ramuan yang semarak ini menambahkan rasa yang tajam dan menyegarkan pada kopi atau espresso yang kaya dan kompleks.

Selain itu, daun mint membantu pencernaan, meningkatkan mood, dan mendukung kesehatan otak di antara banyak manfaatnya.

4. Ekstrak Vanili

Tambahkan ekstrak vanila ke dalam kopi Anda untuk memberikan cita rasa yang kuat mungkin mendekati rasa beralkohol. Namun jika Anda menambahkan sedikit sedikit ke dalam cappucino atau latte, Anda akan mencicipi rasa yang kaya dan lembut. Pastikan untuk menggunakan vanilla murni, bukan imitasi.

5. Cengkeh

Selain sifat anti-inflamasinya, cengkeh memiliki esensi yang kaya, dalam, hampir seperti licorice yang akan memberikan minuman pagi Anda rasa yang meriah. Anda dapat menambahkan cengkeh utuh ke dalam biji kopi bubuk untuk menanamkan rasa saat kopi diseduh atau menambahkan sedikit cengkeh bubuk langsung ke cangkir Anda.

6. Kapulaga

Kapulaga, bumbu pelawan peradangan ini memiliki rasa bunga yang indah, ringan dan manis. Rasanya enak untuk minuman kopi es dan panas, dan Anda bisa menambahkan kapulaga utuh ke dalam biji kopi Anda atau taburan bumbu halus untuk memberi rasa pada minuman Anda.

7. Jahe

Jahe bubuk kering memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada jahe segar dalam minuman. Jika Anda menyukai teh jahe, mungkin Anda perlu mencoba memasukkan sedikit jahe dalam kopi Anda. Rasanya segar, segar, dan memiliki manfaat anti-inflamasi ekstra yang akan membantu mendukung sistem kekebalan Anda.

8. Lavender

Rasa bunga lavender sangat cocok dengan rasa kopi yang gelap dan pekat. Anda dapat mereproduksi minuman ala barista di rumah dengan menambahkan lavender kering tingkat kuliner ke dalam kopi atau biji espresso Anda sebelum diseduh untuk mendapatkan manfaat dari efeknya yang menghilangkan stres, meningkatkan otak, dan melawan peradangan.

9. Bumbu Labu

Untuk mendapatkan efek latte buatan kafe di rumah tanpa tambahan gula, coba tambahkan sedikit campuran bumbu labu ke dalam kopi buatan rumah Anda. Bumbu pai apel juga sama lezatnya!

10. Bubuk Cabai

Sedikit bubuk cabai yang tidak terlalu berasap akan menambah rasa pedas pada kopi jika Anda sedang ingin sesuatu yang pedas di pagi hari. Seperti sejumput lada, menambahkan bubuk cabai ke dalam kopi Anda akan memberikan tambahan antioksidan. Tambahkan satu sendok bubuk cokelat untuk membuat moka panas.

Pilihan Editor: Dear Pecinta Kopi, Coba Lima Bahan Campuran untuk Cita Rasa Terbaik Ini

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."