6 Tipe Pola Asuh Menurut Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi orang tua memarahi anak/anak menangis. Shutterstock.com

Ilustrasi orang tua memarahi anak/anak menangis. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pola asuh anak atau parenting bisa jadi rumit. Lewat parenting, orang tua ingin mengajari anak-anak tentang nilai-nilai, keyakinan, dan keterampilan untuk menjalani kehidupan. Dalam soal tipe pola asuh, menurut psikolog Alf Lokkertsen, orang tua bukan makhluk sempurna. Ayah dan ibu juga bisa menghadapi trauma serta perjuangan mereka sendiri. Maka dari itu, parenting yang aman bisa menjadi tantangan.

"Saya tahu bahwa pengasuhan yang aman sulit dicapai bagi banyak orang tua. Namun mengetahui tipe pola asuh Anda dapat membuat perbedaan. Kesadaran adalah langkah yang baik untuk menyeimbangkan. Berbaik hatilah pada diri sendiri dan anak-anak Anda, itu bisa membuat perbedaan besar," ingat Lokkertsen dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 25 November 2023.

Menurut Lokkertsen, ada beberapa tipe pola asuh yang perlu diketahui, berikut enam di antaranya.

6 Tipe Pola Asuh

1. Pola Asuh Otoriter

Pola asuh jenis ini, orang tua biasanya tidak menunjukkan kasih sayang apapun terhadap anak. Ini mengikuti rutinitas yang sangat ketat untuk mengajarkan disiplin kepada anak-anak dan biasanya tumbuh subur di bawah rasa takut.

2. Pola Asuh Terlalu Protektif

Dalam pola asuh seperti ini, orang tua berperilaku bahwa anak itu sempurna dan sering membekap anak dengan banyak kasih sayang tanpa memulai hubungan yang mendalam.

3. Pola Asuh yang Penuh Tekanan

Orang tua berusaha untuk hidup melalui anak. Karena itu orang tua ingin anak menjadi benar-benar sempurna dalam segala hal. Mereka ingin anak mereka mencapai segala sesuatu yang tidak bisa mereka capai. Mereka juga menganggap penampilan adalah kuncinya.

4. Pola Asuh Abusive

Ini adalah gaya pengasuhan negatif di mana orang tua menganiaya anak secara fisik dan emosional. Hal ini semakin menyebabkan anak memiliki masalah kepercayaan diri dan pengaruh negatif.

5. Pola Asuh Disosiatif

Dalam pola asuh jenis ini, orang tua biasanya tidak hadir dan bersikap lunak. Mereka tidak berusaha untuk berhubungan dengan anak secara emosional.

6. Pola Asuh yang Aman

Dalam pola asuh jenis ini, orang tua membimbing dan mengatur anak. Mereka penuh kasih sayang dan responsif terhadap anak, tetapi juga memiliki tuntutan dan batasannya sendiri.

Pilihan Editor: Untuk Orang Tua, Berikut 6 Kebiasaan Baik dalam Mengasuh Anak

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."