Review Film Wish, Perlihatkan Kekuatan Harapan Mengalahkan Keserakahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Asha dalam film Wish. Dok. Walt Disney Studios

Asha dalam film Wish. Dok. Walt Disney Studios

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari rekomendasi film baru untuk ditonton bersama keluarga? Pertimbangkan film Wish. Film animasi musikal ini ditampilkan dengan gaya cat air atau watercolor dipadu dengan desain karakter 3D. Watecolor ini membangkitkan kembali ingatan kita dengan animasi Snow White and the Seven Dwarfs pada tahun 1937, Pinocchio pada tahun 1940, dan Sleeping Beauty pada tahun 1959. Film-film tersebut adalah sebuah awal bagi Walt Disney Animation Studios.

Wish dikisahkan Asha (disuarakan oleh Ariana DeBose), perempuan teguh pendirian dan cerdas dalam mewujudkan harapannya. Dia tinggal di Kerajaan Rosas yang dipimpin Raja Magnifico (disuarakan oleh Chris Pine). Raja narsis ini kesohor memiliki kemampuan bisa mengabulkan harapan rakyatnya suatu hari nanti. Dia sendiri yang memutuskan keinginan siapa yang akan dikabulkan dan siapa yang tidak.

Di suatu hari, Asha menyadari bahwa keinginan apa pun yang tak menguntungkan Magnifico tidak akan dikabulkan. Itu berarti ada sebagian besar harapan rakyat Rosas tak terwujud, dan yang paling menyedihkan adalah mereka bahkan tidak ingat apa yang membuat mereka bertahan.

Raja Magnifico dalam film Wish. Dok. Walt Disney Studios

Asha pun tak berdiam diri. Dia menginginkan setiap rakyat Rosas memiliki harapan mereka kembali dan berhak memperjuangkannya. Saat itulah, dia menyampaikan permohonan, dan dijawab oleh kekuatan kosmik - bola kecil dengan kekuatan tak terbatas yang disebut Star. Namun, Star tidak dapat mengabulkan permintaan. Dia menginspirasi Asha agar pantang menyerah. Bisa dibilang kehadiran Star seperti semangat bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil.

Kekuatan harapan inilah yang mampu mengalahkan keserakahan Raja Magnifico, bahkan sihir jahat paling kuat sekalipun.

Selama sekitar 95 menit, selain melihat perjuangan Asha dan rakyat Rosas, penonton juga akan disuguhkan interaksi lucu nan menggemaskan Asha bersama kambing peliharaannya bernama Valentino dan Star. Tingkah lucu nan menggemaskan kedua karakter tersebut menjadi poin penting menghidupkan suasana cerita.

Ada pula nilai persahabatan antara Asha dengan Dahlia, Gabi, dan lainnya yang menjadi pelajaran manis. Perbedaan karakter di antara mereka menggambarkan keberagaman dalam pertemanan.

Asha, Valentino, dan Star dalam film Wish. Dok. Walt Disney Studios

Alunan musik dan nyanyian termasuk elemen penting yang menghibur. Mengingat film ini disutradarai oleh Chris Buck (Frozen, Frozen 2) dan Fawn Veerasunthorn (Raya and the Last Dragon), ada adegan yang mengingatkan kita di film fitur animasi Disney ke-53 itu.

Meski demikian, eksplorasi karakter Asha terasa kurang mendalam dibanding karakter utama animasi Disney lainnya. Di mana begitu keluar dari bioskop, kita mudah mengingat ciri khas sang bintang cerita. Faktanya, ingatan soal karakter Valentino, Star, dan Gabi lebih menguat di pikiran. 

Secara keseluruhan, film ini menghibur sebagai bagian dari perayaan 100 tahun Walt Disney, juga mengingatkan kita kembali jangan bergantung pada orang lain dalam mewujudkan haapan, impian, ataupun keinginan apa pun.

Ada Instalasi Imersif Wish

Untuk merayakan perilisan Wish di Indonesia, Disney Indonesia berkolaborasi dengan IMAGISPACE dan Dreamella Project untuk menghadirkan cerita dan karakter film ini agar lebih dekat dengan penggemar. IMAGISPACE menciptakan instalasi imersif yang bertajuk Wishful Whisper, yang akan membawa pengunjung ke dalam dunia penuh mimpi terinspirasi dari Wish.

Selain itu, Dreamella Project menciptakan ruangan yang bertajuk The Forest of Wish yang terinspirasi dari dari tempat Asha pertama kali bertemu dengan Star yang akan menemaninya menyelamatkan impian masyarakat Rosas. Instalasi ini dilengkapi dengan konstruksi 3D dan teknologi LED untuk pengalaman yang menarik. Kedua instalasi ini dapat dinikmati penggemar di Plaza Indonesia Warehouse, lantai 5, mulai dari 18 November 2023 - 2 Januari 2024. Film Wish tayang perdana pada Rabu, 22 November 2023.

Pilihan Editor: Film Elemental: Forces of Nature, Manisnya Hubungan Ayah dan Anak serta Bertumbuh dari Perbedaan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."