Kreasi Resep Olahan Mangga yang Menggugah Selera, Ada Es Krim dan Mochi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Buah mangga banyak diminati masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Mangga juga sering diolah menjadi berbagai kreasi resep makanan maupun minuman dengan rasa yang lezat. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mangga merupakan buah tropis dari keluarga jambu mete, Anacardiaceae. Mangga juga merupakan buah berbiji yang berarti mereka memiliki satu biji atau batu besar di tengahnya. Kadang-kadang disebut “raja buah-buahan”. Selain itu, mangga juga menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Buah mangga berasal dari India sekitar 5.000 tahun yang lalu. Dagingnya yang manis dan berwarna keemasan kini dicintai di seluruh dunia. Beberapa varietas mangga yang paling umum dimakan saat ini dibudidayakan di Meksiko, Peru, dan Ekuador. 

Mangga tidak hanya enak, tetapi juga bergizi. Namun, seperti kebanyakan makanan, moderasi adalah kuncinya. Buah manis seperti mangga mengandung banyak gula. Namun, gula buah berbeda dengan gula olahan karena diimbangi dengan serat dan segudang nutrisi bagi tubuh.

Dilansir dari Healthline, mangga merupakan salah satu makanan sumber vitamin C tertinggi. Vitamin ini penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah mangga juga berperan dalam pertumbuhan otot, tendon, dan tulang. Buah ini juga meningkatkan penyerapan zat besi tanaman karena kandungan Vitamin C nya. Yuk simak kreasi resep olahan mangga berikut. 

1. Es Krim Mangga Popsicle

Es krim mangga popsicle menjadi jajanan menarik karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Es krim ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Simak resepnya berikut. 

Bahan utama:

- 2 buah mangga, potong-potong.

- ¼ cup susu cair

- Madu secukupnya 

Cara membuat:

- Pertama, masukkan susu dan buah yang sudah dipotong-potong ke dalam blender. Lalu tambahkan madu. Blender semua bahan hingga tercampur merata.

- Kedua, masukkan bahan campuran ke dalam cetakan popsicle. Lalu, masukkan ke dalam lemari pembeku dan biarkan selama kurang lebih setengah jam.

- Es krim mangga popsicle siap disantap.  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."