Menyoal Privilege, Mutiara Baswedan Akui Tak Dapat Keuntungan dari Jabatan Sang Ayah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mutiara Baswedan/Foto: Instagram/Mutiara Baswedan

Mutiara Baswedan/Foto: Instagram/Mutiara Baswedan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjadi anak tokoh politik terutama pejabat negara selalu dipandang sebelah mata sebagai sosok yang selalu dipermudah akibat jabatan orang tua. Menyoal hal ini, anak pertama Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan atau akrab disapa Mutiara Baswedan angkat bicara melalui podcast Merry Riana yang tayang 14 November lalu.

Perempuan kelahiran 1997 itu mengatakan bahwa privilege yang datang akibat jabatan sang ayah hanya berlaku untuk Anies saja. Itu adalah fasilitas yang ada karena posisi Anies, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan Mutiara selaku anaknya. Mutiara juga diajari oleh Anies untuk tidak dibiasakan memanfaatkan posisi sebagai anak pejabat.

Ketika salah satu Calon Presiden ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Mutiara akui ia tidak pernah mendapatkan fasilitas yang mempermudah pendidikannya, seperti fasttrack atau undangan masuk universitas. "Kata Abah (panggilan Mutiara kepada Anies) kalau enggak dapat ya harus belajar, harus ikutin tes seperti yang lain."

Meskipun Mutiara telah berusaha dan akhirnya berhasil masuk Universitas Indonesia (UI), ia tetap dipandang sebelah mata dan disebut masuk UI karena pertolongan Anies. Mutiara menambahkan bahwa ia tidak terlalu memikirkan omongan itu karena ia yakin telah melakukan hal yang benar dan tidak menyalahi prinsip.

Keistimewaan Mutiara sebagai Anak Anies Baswedan

"Keistimewaan yang aku rasakan justru bisa mengalami masa-masa awal Abah dan Mamah ketika merintis dan melihat bagaimana Abah Mamah menghadapi setiap prosesnya itu sampai sekarang," ucap Mutiara

Istri Ali Saleh ini juga bercerita, sebelum orang tuanya sesibuk sekarang, ketika kecil Mutiara memiliki banyak momen kebersamaan dengan Anies dan Fery Farhati, sang ibu. Dimulai dari berkebun, membuat PR bersama, dibelikan buku, hingga pergi ke taman bermain setiap minggu.

Selain itu, keistimewaan Mutiara sebagai anak sulung adalah terbukanya ruang diskusi antara dirinya bersama Anies dan Fery. Mutiara secara leluasa dapat menceritakan masalahnya dan mendengar apa yang sedang dirasakan kedua orang tuanya.

"Ketika Abah menjadi Gubernur, aku kadang suka ikut ke acara Abah. Aku bisa lihat gimana pekerjaan Abah dan bisa diskusi juga. Menurutku itu keistimewaan juga sih, jadi nggak melulu tentang 'karpet merah' yang mempermudah segalanya," tutup Mutiara.

Pilihan Editor: Mutiara Baswedan Jatuh Cinta pada Wastra Nusantara, Sering Pinjam Kain Koleksi Mama

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."