Mutiara Baswedan Jatuh Cinta pada Wastra Nusantara, Sering Pinjam Kain Koleksi Mama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mutiara Baswedan saat ditemui di fashion show Studio Jeje x Dekranasda NTT di Jakarta Fashion Week 2023, Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Cantika/Mutiara Baswedan

Mutiara Baswedan saat ditemui di fashion show Studio Jeje x Dekranasda NTT di Jakarta Fashion Week 2023, Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Cantika/Mutiara Baswedan

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMutiara Baswedan, putri sulung pasangan Anies Baswedan dan Fery Farhati belakangan kerap terlihat di acara pagelaran busana atau fashion show. Setelah menjadi Muse untuk fashion show tunggal Kursen Karzhai dan Khanaan di Jakarta Muslim Fashion Week 2024 beberapa hari lalu, Mutiara juga tampak menghadiri Jakarta Fashion Week atau JFW 2024. 

Mutiara mengatakan jika belakangan ini ia memang tengah mempelajari wastra Nusantara, mulai dari kain batik khususnya Betawi yang pernah jadi dampingan sang ibu saat di Dekranasda hingga kain tenun. "Nah, pas ada acara INACRAFT kemarin juga sempat ke sana dan beli beberapa kain Nusantara," ucap Mutiara saat ditemui Cantika, Jumat, 27 Oktober 2023. 

Mutiara mengaku banyak belajar dari sang mama soal wastra tradisional yang sudah lebih dulu mengoleksinya dan ia juga lebih memilih pakai produk fashion lokal. "Aku juga sering pinjam kain mama untuk acara-acara khusus," ucapnya berseloroh. 

Di JFW 2024, Mutiara menghadiri fashion show dari busana yang dikenakannya yakni setelan warna biru bernuansa corak emas rancangan Studi Jeje berkolaborasi dengan Dekranasda Nusa Tenggara Timur. 

Merayakan Kehidupan ala Studio Jeje X Dekranasda Nusa Tenggara Timur

STUDIO JEJE menampilkan koleksi detail rona gelap khas yang terpadu dengan kain tenun berwarna cerah NTT di JFW 2024, pada Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Doc. JWF

“Sa’o”, berarti “rumah” dalam Bahasa Ende, merupakan sebuah rangkaian koleksi yang terinspirasi dari perjalanan ketiga designer Dekranasda NTT; Temma Prasetio, Studio Jeje, dan Maya Ratih menuju Desa Wologai, Ende. Dari perjalanan tersebut terpancar cerminan penghuni rumah adat yang memikat dan tak jauh dari eratnya budaya dan alam.

Berbagai sentimen yang dirasakan, dituangkan secara simbolis dalam koleksi yang ditampilkan dalam panggung Jakarta Fashion Week 2024. Sebagai salah satu kolaborator, Studio Jeje mengundang para penonton untuk bersama-sama merasakan perayaan hidup. Hanyut dalam gempita tradisi, salah satu daya pikat NTT terletak pada denyut kehidupan suku Adat. 

Moeri memiliki arti "kehidupan" dalam bahasa Ende. Keseharian suku Adat NTT tak pernah lepas dari indahnya kebersamaan. Sentimental dan penuh warna, nilai-nilai persaudaraan terasa erat dalam afeksi yang sederhana. Kehangatan cinta antar manusia terbalut elok dengan kedekatan pada alam dan budaya. Kemuliaan leluhur serta merta mengiringi selaras dengan semarak merayakan harmoni kehidupan.

STUDIO JEJE menampilkan koleksi detail rona gelap khas yang terpadu dengan kain tenun berwarna cerah NTT di JFW 2024, pada Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Doc. JWF

Tema ini diinterpretasikan melalui penggunaan detail rona gelap khas Studio Jeje yang terpadu dengan kain tenun berwarna cerah NTT. Kontras visual ini mencerminkan keseimbangan dalam kehidupan, seperti keramaian dan sepi, gembira dan sedih, misterius, dan terbuka.

Dalam koleksi Moeri, Studio Jeje yang didirikan pada 2018 mempertahankan siluet boxy feminine khasnya dan dipenuh dengan garis potongan lengkung. Setiap pakaian diihiasi dengan berbagai payet tiga dimensi, menciptakan sebuah koleksi yang menggambarkan perpaduan antara busana kontemporer dan kekayaan warisan budaya. Dedikasi pada proses ketrampilan tangan tercermin dalam setiap detail pakaian, yang dibuat menggunakan teknik tradisional untuk mewujudkan visi Angelita Nurhadi.

Studio Jeje ialah sebuah jenama mode yang mencerminkan estetika dan kualitas “Art de Vivre” melalui warisan budaya Indonesia. Jenama ini menekankan penggunaan teknik tradisional Indonesia dan ketrampilan tangan, termasuk bordir dan payet. STUDIO JEJE merangkul keindahan dalam ketidaksempurnaan yang timbul dari detail buatan tangan.

PILIHAN EDITOR: Gaya Chic Mutiara Baswedan saat Menjadi Muse Koleksi Khanaan di JMFW 2024

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."