4 Alasan Pentingnya Cuti Ayah saat Bayi Baru Lahir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ayah gendong bayi. Freepik

Ilustrasi ayah gendong bayi. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cuti ayah membantu ayah menciptakan ikatan yang kuat dengan bayi yang baru lahir juga termasuk bentuk dukungan terhadap sang istri yang baru lahiran. Beberapa minggu pertama setelah bayi lahir merupakan minggu yang istimewa dalam menjalin hubungan, dan kehadiran ayah pada masa ini membantu menciptakan rasa keterikatan atau bonding. Ikatan yang terbentuk selama cuti ayah dapat memberikan efek positif jangka panjang, berikut lima di antaranya.

1. Mendukung Ibu yang Baru Melahirkan

Cuti ayah penting untuk menunjang ibu baru selama masa nifas. Kehadiran ayah di rumah membantu dalam membagi tanggung jawab, meringankan beban kerja, dan memberikan dukungan emosional kepada ibu yang berjuang selama persalinan dan segala tanggung jawab ekstra yang menyertainya.

2. Mempromosikan Kesetaraan Gender

Pengasuhan bersama ini mendorong kesetaraan dalam peran sebagai orang tua, berkontribusi pada hubungan keluarga yang lebih sehat, dan memungkinkan kedua orang tua untuk menyesuaikan diri dengan peran baru mereka.

Ketika pemberi kerja memberikan cuti ayah kepada karyawannya, hal itu juga memberikan contoh bagi lebih banyak orang yang berpendapat bahwa perempuan harus memiliki tanggung jawab pengasuhan utama dalam membesarkan anak.

Mendorong laki-laki untuk mengambil cuti ayah membantu mematahkan stereotip gender dan mendorong kesetaraan. Surat keterangan ayah menunjukkan fakta bahwa ayah mempunyai peran yang sama pentingnya dalam pengasuhan anak dan tugas rumah tangga. Ketika laki-laki mengambil cuti untuk cuti ayah, hal ini membantu ibu merasa didukung karena beban pengasuhan tidak hanya menjadi tanggung jawabnya.

3. Membantu Ayah Menyesuaikan Diri

Cuti ayah membantu ayah baru dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Hal ini terkait dengan hal baik dan buruk-- baik saat menangis pada jam 2 pagi, Anda harus menyaksikan atau mencari cara untuk membuat bayi Anda tertawa!

Semakin banyak ayah berpartisipasi dalam pengasuhan anak, semakin membantu mereka merasa yakin akan kemampuan sebagai orang tua.

4. Lebih Banyak Cinta dan Perhatian untuk Ibu dan Bayi Baru Lahir

Karena ayah sama-sama berpartisipasi dalam tanggung jawab pengasuhan anak, ibu menjadi lebih tenang dalam membesarkan anak.

Ketika kedua orang tua terlibat aktif dalam pengasuhan anak, anak akan menerima lebih banyak perhatian dan dukungan, sehingga menghasilkan hasil pendidikan yang lebih baik dan mengurangi masalah sosial.

Pilihan Editor: Hari Ayah Nasional, Menilik Peran Ayah yang Kerap Terlupakan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."