Kreasi Tenun Wignyo Rahadi di Spotlight Indonesia 2023, Modern Berbalut Glamor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi Tenun Gaya by Wignyo bertajuk Glorious dalam gelaran Spotlight 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

Koleksi Tenun Gaya by Wignyo bertajuk Glorious dalam gelaran Spotlight 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wignyo Rahadi salah satu desainer yang memamerkan karyanya di hari terakhir gelaran Spotlight Indonesia 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam, 18 November 2023. Bertajuk Glorious, sebanyak delapan busana wanita berbahan tenun dipamerkan di tengah penikmat mode.

Seperti diketahui Wignyo dikenal sebagai perancang busana yang selalu mengangkat keindahan wastra Nusantara dari batik, tenun hingga kain tapis. Di koleksi Tenun Gaya kali ini, dia terinspirasi dari tenun songket. Keindahan dan kemewahan terpancar dari kain tenun Alat Tenun Bukan Mesin atau ATBM dengan aksen benang emas berpadu motif kontemporer.

Koleksi ini didominasi dengan warna lembut seperti broken white, merah marun dan emas. Pilihan warna yang cocok dikenakan untuk pesta, acara formal, bahkan menghadiri acara penghargaan.

Dari segi desain, Wignyo menyuguhkan pilihan gaun juga outerwear dengan penggunaan aksentuasi berupa detail lipit atau kerutan. Selain itu, ada sentuhan ornamen tumpuk atau draperi.

Ada pula detail penggunaan penempatan drapperi sebagai pusat perhatian, dan permainan penempatan motif yang berfokus pada kain tenun ATBM dengan motif kontemporer yang terinspirasi Songket guna memberi kesan glamor dan modis.

Selain gaun potongan simetris dan tanpa lengan, ada pilihan gaun midi dengan detail belah samping. Tampilan gaun panjang dengan detail lipit atau semi-bodycon juga menjadi kreasinya menyulap tenun dengan nuansa modern. 

Bagi yang ingin tampil grande, rancangan gaun tanpa lengan dilengkapi lipit bertingkat yang memukau bisa jadi pertimbangan.

Dari segi bahan, Wignyo Rahadi menggunakan kain tenun ATBM dikombinasi dengan kain lurik, tenun benang putus, rumbai benang emas, dan tenun sutera lainnya.  

Pilihan Editor: Kisah Rancangan Tapis Lampung Wignyo Rahadi saat Show di Paris

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."