Meriahnya Opening Spotlight Indonesia, Hadirkan Wastra Nusantara Bernuansa Masa Kini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pembukaan gelaran fashion show SPOTLIGHT Indonesia pada Kamis, 16 November 2023 di Pos Bloc, Jakarta/Foto: Doc. IFC

Pembukaan gelaran fashion show SPOTLIGHT Indonesia pada Kamis, 16 November 2023 di Pos Bloc, Jakarta/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Rangkaian acara perhelatan fashion, Spotlight Indonesia kembali hadir untuk kedua kalinya setelah diadakan pertama kali pada tahun 2022. Acara yang digagas oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) membawa secara konsisten membuat perhelatan yang berkaitan dengan keragaman budaya, wastra, dan kerajinan Indonesia. Dengan tema Culture: Then and Now, SPOTLIGHT Indonesia 2023 resmi dibuka pada 16 November 2023 di Pos Bloc Jakarta.

"Fashion berkaitan dengan masa depan. Namun, kekayaan latar belakang budaya adalah kekuatan kita. Maka dari itu,Spotlight menyatukan masa lalu dan masa depan untuk mewujudkan identitas produk industri fashion Indonesia yang berkarakter dan kekinian," papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber mengenai makna tema yang diangkat tahun ini.

Desainer Agus Sunandar ikuti parade pembukaan gelaran fashion show SPOTLIGHT Indonesia pada Kamis, 16 November 2023 di Pos Bloc, Jakarta/Foto: Doc. IFC

Spotlight Indonesia diadakan sebagai wadah promosi industri fashion Indonesia melalui produk yang siap pakai dan berkelanjutan (sustainability) dengan mengutamakan penggunaan wastra, budaya, dan sumber daya lokal serta pengerjaan tangan. Hal ini mendukung terwujudnya industri fashion berlandaskan sustainability untuk bumi yang lebih baik dan Wastra Nusantara dipresentasikan secara kontemporer agar dapat diterima di pasar global.

Tahun ini lebih dari 100 desainer, jenama, dan institusi pendidikan akan menunjukkan koleksi dengan mengangkat wastra atau inspirasi budaya Indonesia dan konsep sustainability yang mencakup kategori formal wear, casual/street wear, men's wear, hingga modest wear. 

"Kami ingin inklusif, jadi membuka kesempatan untuk semua orang berpartisipasi, seperti UMKM dan anak sekolah. Meskipun ibaratnya, anak sekolah kan belum terlalu mengerti ya, nah kita juga bantu arahkan. Soalnya mereka lah yang paling penting untuk masa depan industri fashion ini," ucap Riri, perwakilan Spotlight Indonesia.

Pembukaan gelaran fashion show SPOTLIGHT Indonesia pada Kamis, 16 November 2023 di Pos Bloc, Jakarta/Foto: Doc. IFC

Memberi sorotan pada karya fashion siswa sekolah terutama siswa SMK, seperti SMKN 3 Blitar dan SMKN 4 Balikpapan, pihak Spotlight Indonesia berharap kancah dan nama baik SMK akan semakin menaik sehingga meraih reputasi yang baik. "Jadi nanti tidak ada lagi yang meremehkan SMK."

Rangkaian acara Spotlight Indonesia dibuka dengan menampilkan koleksi berkonsep sustainability melalui penggunaan wastra Nusantara atau penerapan circular fashion yang dirancang oleh berbagai desainer mode, yaitu Agus Sunandar, Torajamelo, Brilianto, Asha Darra, Emy Thee, Stella Lewis, Rinda Salmun, dan Eko Tjandra. 

Kali ini, Spotlight Indonesia hadir dengan berbagai acara yang meliputi fashion show, exhibition, instalasi sustainable fashion, talkshow, dan workshop yang dapat Sahabat Cantika kunjungi mulai 16 November hingga 18 November 2023 di Pos Bloc Jakarta tanpa dipungut biaya.

Pilihan Editor: Lebih dari Fashion Show, Spotlight Indonesia Tawarkan Konsep See Now Buy Now

ANNISA YASMIN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."