Untuk Atasi Kulit Kusam, Kandungan Ini Wajib Ada di Skincare

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu masalah kulit yang dialami banyak perempuan adalah kulit kusam. Ciri-ciri kulit kusam bisa berupa warna kulit lebih gelap dari biasanya, mudah kering, dan kurang bercahaya.

Kulit kusam terjadi di lapisan paling atas kulit atau kita lebih kenal dengan istilah skin barrier. Bicara idealnya, penggantian sel-sel kulit mati dengan yang baru atau regenerasi kulit berlangsung setiap 28 hari. Jika tahapan itu tak berlangsung sebagaimana mestinya, maka kulit kusam akan muncul.

Ada beragam penyebab kulit kusam dari sisi fisiologis maupun eksternal.

"Kulit dehidrasi, kulit berminyak (juga termasuk faktor fisiologis kulit kusam) otomatis pori-pori wajah terbuka, jadi mudag tersumbat kotoran debu, dan kulit mulai menua, bagian atasnya kering," jelas dr Kardiana Dewi, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara ulang tahun kelima merek kecantikan Y.O.U Beauty di Jakarta Selatan, Jumat, 17 November 2023.

Sementara itu, lanjut dokter Kardew sapaannya, faktor lingkungan yang menjadi penyebab kulit kusam antara lain polusi udara, paparan sinar ultraviolet, asap rokok, pola hidup tidak sehat seperti kurang tidur, jarang berolahraga hingga makanan kurang bergizi.

Untuk mengatasi hal itu, dr. Kardew menekankan pentingnya menjalani perawatan kulit yang rutin dan konsisten. Dia pun mengimbau untuk tidak mudah tergoda dengan perawatan kulit yang mencerahkan dalam waktu instan sebab mengandung berbahaya.

"Semakin rutin dan konsisten, semakin baik. (Perawatan yang menjanjikan hasil) instan justru sangat tidak disarankan, langsung glowing misalnya. Itu berarti mengandung logam-logam berat seperti merkuri," ucapnya.

Adapun bahan-bahan yang wajib ada dalam produk perawatan kulit atau skincare untuk atasi kulit kusam di antaranya Vitamin C. Akan tetapi, dia menyarankan untuk memilih produk skincare dengan vitamin C yang sudah diproses dan sediaan ringan.

Menurut dr. Kardew, L-Ascorbic AcidL-Ascorbic Acid (LAA) merupakan salah satu jenis vitamin C yang paling ampuh dan terbukti mampu bekerja secara efektif pada kulit. Namun jenis ini tergolong kurang stabil dalam dosis tinggi di kulit sensitif dan yang tidak biasa menggunakannya.

"(Vitamin C) Sudah diproses, sifatnya lebih stabil, potensi lebih ringan, dan lebih aman dipakai sehari-hari. Larut dalam lemak, tekstur lebih ringan untuk skincare," imbuhnya.

(Kedua dari kiri) dr. Kardiana Dewi, SpKK dan Marlina Agustin PR Manager Y.O.U Beauty dalam perayaan 5 tahun Y.O.U Beauty di Wyl's Kitchen di Hotel Veranda, Jakarta Selatan, Jumat, 17 November 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Dokter Kardew mengatakan bisa memakai produk skincare dengan Vitamin C sebanyak satu atau dua kali sehari 1 yang sediaannya ringan.

"Vitamin C bisa menghambat pembentukan pigmen, tidak menambah flek baru juga menghambat proses kolagen yang rusak" jelasnya memaparkan manfaat vitamin C.

Selain Vitamin C, Niacinamide juga termasuk kandungan dalam skincare untuk atask kulit kusam.

"Niacinamide bisa bantu atasi skin barrier rusak, kurangi kadar minyak, iritasi, menghidrasi, dan mencerahkan," kata dr. Kardew.

Kandungan lain yang bantu atasi kulit kusam adalah glutatione dan asam hialuronat atau hyaluronic acid.

5 Tahun Y.O.U Beauty

Jenama kecantikan lokal Y.O.U Beauty memasuki tahun kelima pada 15 November 2023. Selama ini, Y.O.U Beauty konsisten mendukung wanita Indonesia untuk selalu mencintai diri sendiri dan tampil percaya diri dengan kecantikan mereka sesungguhnya.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan produk berkualitas yang menggabungkan kecanggihan ilmu teknologi dengan kebaikan alam yang menghasilkan produk lebih dari sekadar solusi sementara dan aman bagi kulit. Hal itu sejalan dengan tagline Y.O.U Beauty Long Lasting Beauty," kata Marlina Agustin,  PR Manager Y.O.U Beauty.

Selama lima tahun berjalan, Y.O.U Beauty sudah menyabet sejumlah penghargaan termasuk Brand Choice Award 2023 dalam kategori essence untuk produl Golden Age 2in1 Essence pada September 2023.

Sepanjang tahun 2023, Y.O.U Beauty juga berkomitmen berdampak untuk sekitar lewat kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Al-Arba'in.

Pilihan Editor: Pahami Perawatan Kulit Kusam, Perlakuan Salah Bisa Bikin Jerawat dan Iritasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."