Pidato Renita Rismayanti saat Terima Penghargaan Polisi Wanita Internasional, Patahkan Stereotip

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Briptu Renita Rismayanti Petugas Basis Data Kriminal di Misi PBB di Republik Afrika Tengah. (ANTARA/HO-PBB di Indonesia)

Briptu Renita Rismayanti Petugas Basis Data Kriminal di Misi PBB di Republik Afrika Tengah. (ANTARA/HO-PBB di Indonesia)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Brigadir Polisi Satu (Briptu) Renita Rismayanti berhasil raih prestasi di kancah internasional sebagai Polisi Wanita (Polwan) Terbaik 2023 oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Penghargaan ini secara resmi diterima oleh Briptu Renita pada Kamis, 16 November 2023 di Markas Besar PBB.

"Ketika orang mendengar pekerjaan saya, mereka akan berpikir, 'orang ini hanya bekerja di balik meja' dan saya ingin mematahkan stereotip tersebut," ucap Briptu Renita membuka pidatonya pada Jumat dini hari, 17 November 2023. 

Telah berpartisipasi dalam dua proyek besar perdamaian di Afrika, Briptu Renita sebut pentingnya partisipasi perempuan dalam dunia kerja, terutama dunia militer. Ia percaya perempuan dapat bekerja dengan baik dan sempurna. "Hal yang membuat saya percaya kepada perempuan ialah, ketika saya melihat perempuan, mereka selalu tekun dalam bekerja."

Potret Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti menjadi yang termuda sekaligus yang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan Polisi Wanita Terbaik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2023 saat bekerja/Foto: Doc. UN

Kepada seluruh perempuan di dunia, Briptu Renita sampaikan dua pesan. Yang pertama percaya diri atas kemampuan yang dimiliki dan yag kedua selalu melakukan yang terbaik di setiap pekerjaan.

Selama satu tahun terakhir, Briptu Renita aktif dalam dua projek yang bekaitan dengan kemanusiaan dan perdamaian negara konflik di Afrika. Yang pertama adalah di manajemen kasus di United Nations Police (UNPOL) dan bekerja di database ISF (Central African Security Force). 

"Korban di negara konflik kebanyakan adalah wanita dan anak-anak, melalui data yang dikerjakan, saya berharap tingkat korban negara konflik dapat berkurang."

Briptu Renita Rismayanti disebut sebagai penerima penghargaan Polisi WanitaTerbaik PBB paling muda sejauh ini dengan usia 27 tahun. Menurut penasehat UNPOL, Faisal Shahkar, di tengah zaman yang didominasi oleh laki-laki, Renita Rismayanti adalah sosok yang merepresentasikan masa depan UNPOL.

Pilihan Editor: Bikin Bangga, Renita Rismayanti Raih Penghargaan Polisi Wanita Terbaik 2023 dari PBB

ANNISA YASMIN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."