Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memakai eye patch atau gel mata. Freepik.com/Nakaridore

Ilustrasi wanita memakai eye patch atau gel mata. Freepik.com/Nakaridore

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, salah satu masalah kecantikan yang paling meresahkan yang dihadapi pria dan wanita adalah lingkaran hitam di bawah mata. Lingkaran hitam yang mengganggu ini tidak hanya membuat wajah terlihat lelah, namun juga bisa menjadi pertanda pilihan gaya hidup yang buruk atau kurang tidur.

Dokter kulit konsultan, dokter kulit kosmetik, dan ahli bedah kulit Dr. Rinky Kapoor, ditulis dalam situs Hindustan Times, Senin (13/11) mengatakan, ada beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap munculnya lingkaran hitam selain gaya hidup yang buruk atau kurang tidur, yaitu dehidrasi.

“Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup air, kulit di bawah mata Anda menjadi kusam dan berkerut, sehingga membuat lingkaran hitam semakin terlihat,” kata Kapoor.

Penyebab umum lainnya dari lingkaran hitam di bawah mata adalah paparan sinar matahari berlebihan, yang memecah serat kolagen dan elastin, menyebabkan kulit di bawah mata menjadi lebih tipis dan transparan. Tak hanya membuat pembuluh darah semakin terlihat, tapi juga menambah efek bayangan pada area penyebab lingkaran hitam.

Selain itu, faktor genetik juga berperan penting dalam terjadinya lingkaran hitam di bawah mata. Jika orang tua atau kerabat dekat mengidapnya, kemungkinan besar orang tersebut juga akan mewarisi sifat tersebut.

Kapoor menyarankan pilihan perawatan berikut untuk lingkaran hitam di bawah mata, termasuk menyuntikkan sedikit filler ke area cekung di bawah mata untuk mencerahkan tampilan lingkaran hitam dan mengurangi bengkak.

Pilihan populer lainnya adalah terapi laser, yang menargetkan pigmen penyebab perubahan warna dan merangsang produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit di area halus mata.

Selain itu, berbagai krim dan serum yang diperkaya dengan bahan-bahan kuat seperti retinol, vitamin C, atau peptida telah dikembangkan untuk secara khusus menargetkan lingkaran hitam.
 Penerapan asam alfa-hidroksi pada chemical peeling juga membantu mengurangi pigmentasi di bawah mata.

Selain pengobatan kimia, Kapoor juga mengatakan pengobatan rumahan seperti penggunaan susu dan kulit kentang juga sangat populer. Selain itu, facial yang terdiri dari pijatan di sekitar area mata dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlancar penampilan.

Mengoleskan kompres dingin atau teh celup dingin pada mata selama beberapa menit setiap hari dapat meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut dan meminimalkan pembengkakan penyebab lingkaran hitam.

Langkah paling efektif saat keluar rumah adalah dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit halus di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar UV.

Terakhir Kapoor mengingatkan untuk tetap terhidrasi dengan banyak minum air sepanjang hari. Dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal dan mengurangi kemungkinan kekeringan yang menyebabkan perubahan warna. Selain itu, tidurlah yang nyenyak dan hindari rokok dan alkohol.

Pilihan Editor: Iritasi Mata, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."