Tidak Hanya Wanita, Kesuburan Pria Pun Perlu Diperiksa untuk Miliki Keturunan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
CEO Bocah Indonesia dr. Pandji Sadar pada BFW 2023, Sabtu, 4 November 2023/ CANTIKA-Annisa Yasmin

CEO Bocah Indonesia dr. Pandji Sadar pada BFW 2023, Sabtu, 4 November 2023/ CANTIKA-Annisa Yasmin

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - CEO pusat fertilitas Bocah Indonesia Pandji Sadar mengingatkan bahwa tidak perlu malu bila pasangan belum memiliki keturunan. Kesuburan kedua belah pihak perlu untuk diperiksa dengan seksama. “Perlu diingat, ketidaksuburan bukanlah hal yang tabu, bukan aib. Karena satu dari enam pasangan memang ada yang alami ketidaksuburan,” kata Pandji pada acara puncak Bocah Fertility Week (BFW) 2023.

Menurut Pandji, kunci terbesar agar suksesnya program kehamilan adalah pengetahuan yang mumpuni untuk pasangan yang memiliki anak. Salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh pasangan adalah sulit atau tidaknya pasangan memiliki anak, itu melibatkan dua pihak, yaitu pria dan wanita “Kalau kehamilan ditentukan oleh bunda saja, it’s not fair. Itu nggak adil banget. Ayah pun juga punya peran penting dalam kehamilan,” ucap Pandji. 

Kesulitan memiliki anak adalah hal yang tidak diinginkan oleh setiap pasangan yang telah menikah dan kerap dianggap aib karena berkaitan dengan ketidaksuburan. Faktanya, fenomena sulit miliki anak dialami secara umum oleh 47,5 juta pasangan di dunia, 2,5 juta di antaranya adalah pasangan di Indonesia.

Pandji menambahkan, program kehamilan dapat dipilih dengan tepat apabila kesuburan sang ayah juga diperiksa, tidak hanya dari pihak bunda. Itu disebabkan karena ayah juga memiliki peran dalam proses terbentuknya anak.

Pandji mengatakan timnya selalu melihat ayah dan bunda sebagai satu pasien. “Kami tidak melihat kehamilan dari sisi bunda saja. Sisi ayah juga kami perhatikan, sehingga selain dokter kandungan, juga perlu ada androlog (ahli untuk reproduksi pria) di klinik fertilitas,” katanya. 

Selain dari sisi medis, pasangan juga perlu dukungan psikologis untuk meraih kesuksesan dalam program kehamilan. “We are not alone (kita tidak sendirian) di tengah ketidaksuburan ini,” kata Pandji.

Sebelumnya, Bocah Indonesia adakan BFW 2023 dalam rangka World Fertility Day yang jatuh pada 2 November dengan tema #SelaluAdaHarapan. Acara ini telah berlangsung selama satu minggu dengan mengadakan berbagai talkshow yang berkaitan dengan kehamilan melalui siaran langsung Instagram @bocahindonesia_. 

Acara puncak BFW diadakan pada 4 November 2023 bertempat di Hotel Alila, Jakarta. Acara ini banyak dihadiri oleh lebih dari 70 pasangan untuk mendengarkan edukasi penyakit Rahim oleh tiga dokter kandungan Bocah Indonesia. 

Puncak BFW 2023 juga didatangi oleh artis Indonesia, Dea Ananda, yang merupakan salah satu pejuang garis dua dan berhasil melahirkan  Sanne El Azhar, setelah berkonsultasi dengan Bocah Indonesia.

Pilihan Editor: 5 Penyebab Masalah Kesuburan Perempuan, dari Stres Hingga Berat Badan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

ANNISA YASMIN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."