Cara Membersihkan Tali Sepatu yang Tepat, Berikut Bahan dan Langkah-langkahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sepatu dekil. Foto : Gucci

Ilustrasi sepatu dekil. Foto : Gucci

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tali sepatu yang dekil tidak akan terlihat bagus pada sepatu apa pun, terutama sepatu kets putih. Bisa saja diganti dengan tali sepatu baru. Tapi juga ada pilihan untuk membersihkannya secara berkala. Sebenarnya tali sepatu mudah dibersihkan dengan beberapa produk dan langkah seperti di bawah ini

Oiya sebelum kita mengulik ke sana, mari kita mengenali bahan dasar tali sepatu. Tali berwarna cerah dan bulat serta tali putih sempit biasanya terbuat dari serat sintetis. Sedangkan sebagian besar tali putih datar terbuat dari katun. Keduanya mudah dicuci dengan tangan atau di mesin cuci. Sementara tali kulit adalah potongan kulit kecokelatan dan harus diperlakukan berbeda saat dibersihkan.

Bahan dan Peralatan Membersihkan Tali Sepatu

Bahan

- Deterjen cair 

- Penghilang noda cucian (opsional)

- Pemutih oksigen

- Hidrogen peroksida

Peralatan

- Mesin cuci atau wastafel

- Gelas kecil atau mangkuk plastik

- Rak pengeringan

- Handuk mikrofiber

- Sikat scrub nilon berbulu lembut atau sikat gigi bekas

- Kantong cucian berjaring

Langkah-langkah Membersihkan Tali Sepatu

1. Lepaskan Tali Sepatu

Salah satu langkah membersihkan tali sepatu adalah dengan melepasnya dari jenis sepatu apa pun. Dengan begitu, Anda bisa yakin semua sisi tali sepatu terkena larutan pembersih.

2. Bilas dan Bersihkan Tali Sepatu

Jika talinya berlumpur, taruhlah di bawah keran air dingin yang mengalir dengan kekuatan penuh untuk menghilangkan lumpur. Lalu, taruh tali sepatu di atas handuk mikrofiber pada permukaan yang rata. Celupkan sikat nilon berbulu lembut atau sikat gigi bekas ke dalam deterjen cair atau penghilang noda berbahan dasar enzim.

Gunakan sikat untuk mengoleskan pembersih ke kedua sisi tali. Diamkan pembersih bekerja setidaknya selama 10 menit sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Cuci Tali Sepatu

Jika membersihkan tali sepatu di mesin cuci, masukkan ke dalam kantong cucian berbahan jaring agar tidak kusut atau hilang. Cuci dengan pakaian berwarna serupa menggunakan deterjen biasa.

Untuk mencuci tali sepatu dengan tangan, isi wastafel atau mangkuk berukuran sedang dengan air hangat dan beberapa tetes deterjen. Tambahkan tali dan biarkan terendam selama 15 menit. Gosok dengan lembut di antara jari-jari Anda. Bilas dengan air bersih.

4. Keringkan Tali Sepatu

Jangan pernah menempatkan tali sepatu di pengering pakaian yang panas. Panasnya bisa melelehkan ujung plastik. Gantung tali sepatu di rak pengering atau gantungan baju hingga kering.

5. Memutihkan Tali Sepatu

Jika warna tali sepatu tidak seputih sebelumnya, campurkan larutan pemutih berbahan dasar oksigen ke dalam air hangat sesuai petunjuk label produk. Kemudian, masukkan tali sepatu dan biarkan terendam setidaknya selama empat jam. Bilas dan gantung hingga kering.

Pemutih berbahan dasar oksigen aman digunakan pada tali sepatu berwarna putih dan berwarna. Jika Anda tidak memilikinya, campurkan larutan hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan 1:4, lalu rendam bagian tali sepatu yang dekil.

Cara Membersihkan Tali Sepatu Kulit

1. Lepaskan tali sepatu.

2. Taruh kain mikrofiber pada permukaan yang rata dan letakkan tali sepatu dalam garis lurus.

3. Gunakan pembersih kulit atau campurkan sedikit sabun Castile ke dalam air hangat untuk melembapkan kain mikrofiber.

4. Gosok tali dengan lembut untuk menghilangkan kotoran.

5. Jemur hingga kering, jauhkan dari panas langsung atau sinar matahari.

6. Saat tali sepatu sudah benar-benar kering, gunakan kondisioner kulit agar tetap lembut dan kenyal.

Pilihan Editor: Tips Memilih Sepatu dari Dokter Ortopedi

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."