Mengenal Putri Leonor, Calon Ratu Kerajaan Spanyol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Putri Leonor tiba untuk mengambil sumpah konstitusi di parlemen di Madrid, Spanyol, 31 Oktober 2023. REUTERS/Susana Vera

Putri Leonor tiba untuk mengambil sumpah konstitusi di parlemen di Madrid, Spanyol, 31 Oktober 2023. REUTERS/Susana Vera

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kerajaan Spanyol menutup bulan Oktober 2023 dengan menyelenggarakan upacara sumpah konstitusi Putri mahkota Leonor, di kota Madrid, Spanyol. Pembacaan sumpah ini otomatis menjadi peresmian peran Putri Leonor sebagai pewaris sah dan calon Ratu Kerajaan Spanyol.

Sumpah konstitusi ini dilakukan Leonor sebagai perayaan formal ulang tahunnya yang ke-18 pada 31 Oktober 2023 lalu. Di hadapan Raja Felipe VI, Ratu Letizia, dan puluhan saksi, Leonor bersumpah untuk menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga peraturan konstitusi, dan menghormati warga serta Kerajaan Spanyol.

Dihimpun dari berbagai sumber, Leonor, Putri Asturias, lahir di Madrid, pada 31 Oktober 2005. Dia merupakan anak pertama dari pasangan Raja Felipe VI dan Ratu Letizia. Leonor dibaptis di Zarzuela dengan air dari Sungai Jordan pada Januari 2006. Dua tahun setelah kelahirannya, Leonor memiliki adik perempuan bernama Infanta Sofia.

Sejak Raja Felipe VI bertakhta dari tahun 2014, Leonor telah diproklamasikan sebagai pewaris mahkota kerajaan karena Raja Felipe VI dan Ratu Letizia Ortiz tidak memiliki anak laki-laki, maka takhta diberikan kepada anak pertama. Leonor akan menjadi Ratu Spanyol pertama di abad ke-19 sejak berakhirnya kepemimpinan Ratu Isabella II pada tahun 1868.

Presiden Senat Spanyol Pedro Rollan, Presiden Kongres Deputi Spanyol Francesca Armengoll, Putri Leonor, Raja Felipe, Ratu Letizia, Infanta Sofia dan penjabat Perdana Menteri Pedro Sanchez bersiap untuk menyaksikan parade militer setelah Putri Leonor mengambil sumpah Konstitusi dalam upacara di Parlemen di Madrid, Spanyol, 31 Oktober 2023. REUTERS/Susana Vera

Dari latar belakang pendidikanya, Leonor diketahui menempuh pendidikan di Sekolah Santa Maria de los Rosales, yaitu sekolah yang sama dengan Raja Felipe VI. Pada 2021, dia menjalani pendidikan sekolah menengah di UWC Atlantic, Inggris selama dua tahun.

Kemudian pada 17 Agustus 2023, Leonor resmi bergabung ke Akademi Militer Umum di Zaragoza untuk menempuh pendidikan selama tiga tahun ke depan. Tahun pertama, dia akan belajar mengenai angkatan darat di Zaragoza. Lalu di tahun kedua, Leonor akan berlayar di kapal Juan Sebastian de Elcano untuk belajar angkatan laut, dan tahun akhir mempelajari angkatan udara di San Javier.

Sebelum ayahnya menjadi Raja, Putri Leonor bergelar “Yang Mulia Leonor dari Spanyol.” Setelah ayahnya naik takhta, dia dikenal sebagai Putri Asturias dan pewaris takhta. Leonor juga menyandang gelar Putri Girona, Putri Viana, Adipati Montblanc, dan Lady Balaguer.

Pilihan Editor: Menilik Gaya Parenting Ratu Elizabeth II yang Sering Dianggap Kuno

ANNISA YASMIN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."