Makan Siang Bareng Jokowi: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto Pakai Batik Parang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Presiden Jokowi mengajak Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan makan siang di Istana Negera, para capres kompak mengenakan Batik Parang/Foto: Instagram/Jokowi

Presiden Jokowi mengajak Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan makan siang di Istana Negera, para capres kompak mengenakan Batik Parang/Foto: Instagram/Jokowi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi membahas netralitas pemerintah di Pilpres 2024 ketika bertemu dengan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Jokowi menjumpai ketiganya saat santap siang di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin, 30 Oktober 2023.

Menariknya, tiga capres kompak mengenakan batik Parang atau motif Parang yang sudah dimodifikasi, bukan sesuai dengan pakem. Sebagai informasi, motif ini biasanya digunakan oleh kelas sosial atas di Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo. Semakin besar bentuk parang, maka status sosialnya kian tinggi. Ukuran motif parang pada batik yang dikenakan raja sekitar 13 sentimeter, sementara motif parang pada kain untuk ratu sepanjang 8 sentimeter.

"Pola batik parang dibuat diagonal sebagai doa agar saat mempelajari kehidupan dan ketuhanan harus terus menanjak seperti undakan spiritual. Dan harus terus-menerus seperti istiqomah," ujar Fashion and Batik Desainer, Era Soekamto dalam Live Instagram bersama Cantika dalam Cerita Cantika bertema "Batik, Guru Kehidupan" pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Pesan Capres untuk Jokowi

Isi obrolan dengan Jokowi diungkapkan Anies, Ganjar, dan Prabowo usai acara makan siang. Ketiga bakal capres itu terlihat berjalan berdampingan saat meninggalkan halaman Istana Negara.

"Tadi beliau (Jokowi) sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan pejabat, gubernur, bupati, dan bahkan akan ngumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral," kata bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan seusai makan siang dengan Presiden, Senin 30 Oktober 2023. Hal tersebut, Anies berujar, merupakan pesan penting dari Presiden agar Pemilu 2024 berjalan dengan damai dan lancar.

Anies Baswedan berujar sempat menyampaikan pesan agar Presiden bisa menjaga netralitasnya dalam proses Pemilu. Dia mengklaim pesan tersebut dititipkan kepada dirinya oleh orang-orang yang menyayangi Presiden Jokowi.

Selain itu, bakal capres dari Koalisi PDIP Ganjar Pranowo mengatakan Jokowi mencoba untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan para bakal capres. "Tadi kita bertiga bareng ngobrol dengan Pak Presiden, kita tahu persis Pak Presiden mencoba untuk kita selalu bisa berkomunikasi dengan baik," ucap Ganjar. 

Jokowi, menurut Ganjar, akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Dia pun berharap hal tersebut bisa dilaksanakan, baik oleh Jokowi maupun para bakal capres yang akan berkontestasi dalam Pilpres 2024 

Adapun bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengatakan makan siang dengan Jokowi berjalan dengan suasana yang akrab. Prabowo mengatakan kesempatan berkumpul tersebut merupakan sesuatu yang jarang bisa terlaksana. "Bagus ya dan suasana yang akrab, kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya," kata dia.

Prabowo berujar Jokowi berharap suasana baik itu bisa terus berlanjut. Dia menyatakan hal tersebut juga merupakan harapan dirinya dan para bakal capres. "Jadi beliau (Jokowi) juga berharap suasana bagus, kita (para bakal capres) juga berharap suasana baik," ucap Prabowo. 

Sebelumnya, Jokowi pernah menyampaikan akan mendukung seluruh kandidat pasangan calon dalam Pilpres 2024. Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam sambutan peringatan Hari Santri Nasional di Surabaya, Jawa Timur.

"Saya dukung semuanya untuk Indonesia lebih baik," kata presiden setelah menjadi inspektur apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad, 22 Oktober 2023.

Pilihan Editor: Sederet Selebritis yang Ikut Jokowi Meninjau IKN, dari Aurelie Moeremans hingga Asri Welas

SULTAN ABDURRAHMAN | EKO ARI WIBOWO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."