Pernah Alami Burnout, Begini Cara Bos Kosmetik Cindy Angelina Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cindy Angelina, Co-Founder dan CEO ESQA Cosmetics. Foto: Instagram/@angelinacindy

Cindy Angelina, Co-Founder dan CEO ESQA Cosmetics. Foto: Instagram/@angelinacindy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bersama sahabatnya dari kecil, Kezia Trihatmanto, Cindy Angelina merintis bisnis kosmetik ESQA tujuh tahun lalu. Menjalani peran sebagai Chief Executive Officer atau CEO, Cindy mengaku hari-harinya penuh warna. Ada hari-hari di mana semua berjalan lancar sesuai perencanaan, tapi adakalanya tantangan datang silih berganti.

Di momen itu, Cindy belajar sebagai pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk bergerak cepat dan tepat menghadapi situasi apa pun alias agile.

"Everyday is different (setiap hari berbeda situasinya). Perlu agile juga untuk mengatasi segala situasi dengan cekatan," tuturnya kepada Cantika, Rabu, 25 Oktober 2023.

Sebagai pimpinan, dia juga menekankan pentingnya menyeimbangkan waktu bekerja dan perawatan diri sendiri alias self-love. Dengan begitu, dia optimal dalam bekerja, waktu untuk diri sendiri terpenuhi, dan yang tak kalah penting mencegah burnout.

Sama seperti kita, Cindy mengaku pernah alami burnout. Kondisi kelelahan akut dalam bekerja yang tak mengenakkan, juga  membuat motivasi dan fokus bekerja hilang.

"Untuk bagi waktu, Senin sampai Jumat fokus ESQA, weekend (akhir pekan) aku olahraga, self care routine seperti pijat. Karena kalau kerja terus ketika burnout rasanya gak enak banget. Aku pernah mengalami itu. Jadi, menurut aku self-care itu penting banget," tutur lulusan Universitas Pepperdine, California, Amerika Serikat itu.

Untuk mengatasi kondisi itu, Cindy mengambil jeda. Dia fokus pada hal-hal yang membuat dia rileks dan semangat.

"Pas burnout, tidak ada motivasi. Cara mengatasinya ambil break dulu, dan melakukan hal lain yang disenangi. Kamu bisa ke salon untuk creambath atau massage, olahraga. Kegiatan positif dan sehat yang bikin kamu semangat," pungkas Cindy Angelina.

Pilihan Editor: 4 Cara Mencegah Burnout, Lakukan Meditasi Hingga Gali Potensi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."