4 Cara Mencegah Burnout, Lakukan Meditasi Hingga Gali Potensi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Burnout adalah reaksi terhadap stres kerja yang berkepanjangan dan menyebabkan kelelahan, sinisme, kurang fokus, dan menurunnya kemampuan profesional. (Pexels/energepic.com)

Burnout adalah reaksi terhadap stres kerja yang berkepanjangan dan menyebabkan kelelahan, sinisme, kurang fokus, dan menurunnya kemampuan profesional. (Pexels/energepic.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski umumnya kondisi ini dipicu oleh situasi yang berhubungan dengan pekerjaan, namun aspek kehidupan lain juga dapat memicu burnout. Mulai dari urusan rumah tangga, hubungan, hingga self-development bahkan dapat membuat Anda. Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri kerap menjadi solusi cepat. Namun, memanjakan otak juga penting untuk dilakukan. Ada beberapa cara mencegah burnout yang bisa Anda lakukan.

Simak 4 cara mencegah burnout lewat langkah berikut ini seperti dikutip dari siaran resmi Stress Management, Minggu 13 Maret 2022.

1. Cari kebahagiaan di sekitar

Sebelum terlarut dalam burnout, carilah hal yang membahagiakan di sekitar. Tak perlu repot, lakukan hobi yang membuat Anda senang atau sekadar jalan kaki ke luar rumah dan menghirup udara segar.

2. Bangun rutinitas meditasi

cara lain untuk hindari burnout adalah melalui meditasi. Otak dilatih beristirahat dan mampu membantu mengurasi stres dari burnout. Di saat yang bersamaan, kegiatan ini juga dapat membantumu untuk melatih daya fokus serta pengolahan emosimu.

Untuk memulai rutinitas ini, Anda bisa mencoba berbagai macam metode hingga menemukan cara yang paling cocok dan mendatangkan manfaat untukmu. Cukup dengan meluangkan sepuluh menit setiap harinya, niscaya lambat laun Anda akan terbiasa bermeditasi. Setelah Anda semakin pandai, perpanjanglah durasi meditasi agar otakmu semakin terlatih.

3. Terapkan mindfulness dalam keseharian

Salah satu penyebab perasaan burnout adalah situasi yang monoton. Hal tersebut bisa membuatmu jenuh sehingga hari-hari dijalani secara auto-pilot sehingga hari-hari dijalani secara terburu-buru dan tanpa istirahat.

Salah satu cara mencegah burnout adalah dengan tanamkan pola pikir mindful atau kesadaran penuh atas apa yang Anda rasakan, lakukan, maupun keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Melalui mindfulness, Anda akan belajar untuk fokus dengan apa yang ada di depanmu sehingga pikiran pun terasa tenang. Terapkan juga pola pikir ini ketika Anda memilih menu santapan harian. Karena bagaimanapun, asupan nutrisi yang baik akan menyehatkan otakmu juga.

4. Gali potensi diri melalui refleksi nilai dan tujuan hidup

Ketika sedang mengalami burnout, kerap kali kita merasa kehilangan arah. Sehingga, cara mencegah burnout penting untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri tentang nilai dan tujuan hidup. Mulailah dengan mengeksplorasi hal-hal dan kegiatan yang Anda gemari.

Baca: Wanita Bisa Bicara 21 Ribu Kata Perhari untuk Atasi Burnout, Kalau Pria...

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."