Dari Irna La Perle hingga Zeta Prive Membuka Parade Fashion di JMFW 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Zeta Prive menjadi parade pembuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis, 19 Oktober 2023/Foto: Doc. IFC

Zeta Prive menjadi parade pembuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis, 19 Oktober 2023/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Jakarta Muslim Fashion Week atau JMFW 2024 berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang, Banten. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga optimistis, Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam industri modest fashion dunia. 

Untuk itu, penting bagi masing-masing komponen ekosistem modest fashion menjalankan pengembangan sesuai tugas dan fungsinya. Hal ini dipastikan dapat mengakselerasi pertumbuhan modest fashion dalam negeri hingga akhirnya terwujud visi Indonesia sebagai salah satu kiblat modest fashion dunia. 

JMFW 2024 diresmikan pada Kamis, 19 Oktober 2023 oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang optimis Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam industri modest fashion dunia/Foto: Doc. IFC

Pesan itu digaungkan Wamendag Jerry saat membuka JMFW 2023. Turut hadir Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Direktur Jenderal Perdagangan Isy Karim, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Didid Noordiatmoko. 

"Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam industri modest fashion dunia. Untuk itu, setiap pemangku kepentingan harus mengembangkan modest fashion di Indonesia sesuai tugas dan fungsinya. Hal ini agar mengakselerasi visi Indonesia menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia pada 2024. Artinya, setiap pihak diharapkan solid dan terus menjalin kolaborasi," tegas Wamendag Jerry. 

Discover Indonesian Modest Fashion Excellence

Irna La Perle menjadi parade pembuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis, 19 Oktober 2023/Foto: Doc. IFC

Mengusung tema "Discover Indonesian Modest Fashion Excellence", JMFW 2024 berdampingan (back to back) dengan pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38. TEI 2023 digelar secara hibrida yakni secara langsung di luar jaringan pada 18-22 Oktober 2023 dan secara daring dengan konsep situs web interaktif berbasis katalog elektronik hingga 18 Desember 2023. 

Wamendag Jerry menilai, sektor modest fashion merupakan industri yang saat ini berkembang pesat dan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia harus memanfaatkan peluang ini. Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah pembentukan JMFW yang telah memasuki tahun ke-3 pada 2023 ini. 

"JMFW bukan sekedar sebuah pagelaran busana, tetapi juga merupakan ekosistem modest fashion yang melibatkan berbagai pihak dari hulu hingga hilir. Kita harus terus memberikan dukungan untuk mempromosikan produk-produk buatan Indonesia. Diharapkan JMFW juga dapat menjadi salah satu kontributor untuk terus mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia sehingga masyarakat Indonesia semakin cinta dan menggunakan produk Indonesia," ujar Wamendag Jerry. 

Berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2022, hal ini juga didorong daya beli produk modest fashion yang meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir. Angka itu diperkirakan terus mengalami peningkatan sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen. Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia menargetkan untuk dapat mendeklarasikan diri sebagai kiblat modest fashion dunia tahun 2024. 

Magdara x Riana menjadi parade pembuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis, 19 Oktober 2023/Foto: Doc. IFC

Tren penggunaan modest fashion semakin meluas. Saat ini, perkembangan modest fashion mengarah kepada gaya hidup. Tidak hanya bagi negara yang mayoritas muslim saja, tetapi lebih luas lagi, yaitu bagi pencinta fesyen secara universal. Beberapa jenama ternama seperti Dolce & Gabbana, DIOR, dan Uniqlo x Hana Tajima juga sudah mengambil peluang untuk memasarkan koleksi modest fashion. 

Industri fashion pun merangkul lebih banyak perancang busana modest. Pagelaran fashion internasional seperti New York Fashion Week, London Fashion Week, dan Paris Fashion Week juga telah mengangkat koleksi modest fashion beberapa waktu belakangan ini. 

Perhelatan JMFW tahun ini akan menampilkan karya dari 214 desainer/jenama antara lain untuk parade fashion pembuka dimeriahkan oleh Zeta Prive, Aden Hijab, Irna La Perle, Magdara x Riana dan lainnya. Terdapat sekitar 1.000 koleksi, serta perusahaan-perusahaan dari sektor pendukung lainnya, seperti kosmetika, tekstil dan garmen, alas kaki, tas, aksesoris, dan perhiasan, serta produk gaya hidup lainnya. Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi dagang pada JMFW yang diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2023 senilai USD 2,5 juta. 

Pilihan Editor: Jelang JMFW 2024, Kemendag Fokus pada Modest Fashion untuk Business Matching

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."