Jelang JMFW 2024, Kemendag Fokus pada Modest Fashion untuk Business Matching

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Miftah Farid saat ditemui usai acara Kick Off Jakarta Muslim Fashion Week di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Miftah Farid saat ditemui usai acara Kick Off Jakarta Muslim Fashion Week di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) menjadi ikon kolaborasi antara pemerintah dengan para pemangku kepentingan seperti pelaku bisnis, akademisi, asosiasi, serta media. Guna  mendorong terjadinya transaksi bisnis pada modest fashion di JMFW, Kementerian Perdagangan juga menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Miftah Farid mengungkapkan,
kegiatan JMFW 2024 tidak hanya pada main event, tetapi juga memiliki kegiatan sebelum dan sesudah puncak acara. “JMFW memiliki rangkaian kegiatan sebelum puncak yang dapat terselenggara atas kolaborasi segala pihak. Setelah puncak acara, kami ingin interaksi (engangement) desainer modest fashion Indonesia dengan buyer internasional semakin kuat,” ujar Miftah.

Dalam gelaran JMFW 2024, lanjut Miftah, tidak hanya memamerkan produk fashion tetapi ada juga kosmetik dan aksesori dengan total jenama sampai 200an yang terlibat.  Tema besarnya "Indonesian Excellent," jadi produk-produk berkualitas yang akan tampilkan di sana. 

"Mengapa kami bisa klaim berkualitas? Karena sebelum ditampilkan di JMFW, kami inkubasi dulu. Mereka diberi pendampingan soal skill dulu bagaimana cara menjahit yang benar. Lalu sebelum desain harus tahu moodboard, come up with ideas dulu," ucap Miftah usai konferensi pers JMFW 2023 digelar di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023.  Pihaknya, melalui Kemendag juga mengkurasi semua produk dari daerah. Mulai dari produk yang berkualitas, lama waktu usaha sampai konsumen loyal di berbagai daerah. 

Setelah melalui rangkaian proses di atas, Miftah yakin semangat menjadikan Indonesia sebagai kiblat modest fashion tidak terjadi begitu saja, tetapi eksosistemnya dikuatkan dulu. "Indikatornya antara lain kita bisa jadi kiblat, pertama, ekosistem dalam negeri harus siap, kedua industri harus support, ketiga SDM, dan keempat industri penopang lain, pemerintah, dan media.  Jika sub-ekosistem ini kuat dan bisa saling support, kita bisa klaim modest industry kita kuat," tambah dia. 

Oleh sebab itu, salah satu yang akan dikuatkan pada output JMFW 2024 ialah penjajakan bisnis atau business matching untuk pasar internasional. Sementara untuk target jangka pendek kami punya goals transaksi 2,5 juta dolar AS. 

Sebagai informasi, business matching adalah sebuah pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra. Sistem bisnis ini juga dikenal dengan sebutan business to business (B2B). Tujuan utama business matching adalah terciptanya koneksi antara pebisnis satu dengan pebisnis lainnya, yang memiliki pola bisnis yang mirip.

"Tapi JMFW tidak berhenti di Oktober. After event lebih penting yakni bagaimana membawa alumni JMFW bisa pitching dengan domestic retail dan international buyer, minimal online business matching. Setelah punya portofolio fashion show di dalam neger seperti  di London, New York, dan Paris, ini waktunya tahun depan memperkuat engagement dengan international buyer," pungkas Miftah. 

Pelaksanaan puncak JMFW 2024 akan diselenggarakan pada 19 - 21 Oktober 2023 dan dilakukan bersamaan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) pada 18-22 Oktober di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Kegiatan JMFW akan menampilkan rangkaian acara pagelaran busana, pameran dagang, serta penjajakan bisnis (business matching).

Pilihan Editor: Fakta Menarik JMFW 2024, Penguatan Ekosistem Modest Fashion untuk Go Internasional

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."