Saat Kegiatan Mandi jadi Momen yang Menyenangkan bagi Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak mandi. shutterstock.com

Ilustrasi anak mandi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memandikan anak bukanlah tugas yang mudah. Terutama saat orang tua ingin menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Ada banyak hal yang perlu dilakukan agar kegiatan mandi bersama anak menjadi lebih teratur. 

Dimulai dari perlu membangun suasana yang menyenangkan agar anak senang saat mandi. Selain itu, perlu menyiapkan segala kebutuhan seperti pakaian, alat mandi, dan mainan yang bisa menemani anak saat mandi. Selain itu, air hangat juga penting untuk menciptakan kenyamanan. 

Apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan mandi bersama anak?

1. Menciptakan Suasana Nyaman

Menjadikan mandi sebagai momen yang menyenangkan menjadi kunci bagi Putri Titian dalam merawat anaknya. Salah satu strateginya adalah menggunakan air hangat, yang efektif mengurangi drama saat mandi bersama sang buah hati. Putri Titian menjelaskan bahwa proses mandi bukanlah sesuatu yang bisa diselesaikan dalam 5 menit. Ada persiapan yang perlu dilakukan, seperti menyiapkan pakaian dan menjaga agar air mandi tetap hangat, sehingga anak dapat merasa nyaman selama mandi.

Selain itu, untuk anak yang sudah sedikit lebih besar atau balita, Putri Titian menawarkan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan selama mandi, seperti bermain dengan air. Untuk menciptakan rasa senang selama mandi, ia juga menyediakan mainan khusus air, seperti bebek mainan, bubble air, dan lain sebagainya.

Putri Titian memastikan bahwa ia selalu menyiapkan berbagai jenis mainan yang dibeli melalui e-commerce, seperti mainan gelembung, bola, dan sebagainya. Tujuannya adalah menciptakan kenyamanan sejati bagi anak-anak, sehingga mereka tidak mengalami trauma saat mandi.

2. Mengajarkan Anak Menghargai Waktu

Selain mengedepankan kegiatan yang menyenangkan, kegiatan mandi juga merupakan kesempatan untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak. Putri Titian mengajari anaknya untuk menghargai waktu dengan membatasi durasi mandi saat anak memiliki kegiatan, misalnya saat harus pergi ke sekolah. Putri Titian mengungkapkan bahwa tidak ada batasan waktu yang kaku, tetapi pada hari-hari biasa, terutama saat anak harus pergi sekolah, mereka berusaha untuk segera mandi agar tidak terlambat.

Dengan strategi-strategi tersebut, kita dapat menciptakan momen mandi yang menyenangkan bersama sang anak, sekaligus mengajarkan nilai-nilai penting seperti kedisiplinan dan penghargaan terhadap waktu.

Lebih lanjut, Putri Titian mengungkapkan bahwa mandi dapat memberikan kebahagiaan baginya. Setelah lelah menjalani hari yang sibuk, momen mandi dengan air hangat memberikan rasa nyaman yang luar biasa baginya. Bagi Putri Titian, mandi bisa dianggap sebagai waktu pribadinya atau me time. 

Pilihan Editor: Me Time Sederhana ala Raisa, Punya Waktu Lebih Banyak saat Mandi

WIDYA FITRIANINGSIH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."