Cara Membersihkan Mesin Kopi yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kayla Phaneuf

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kayla Phaneuf

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti alat rumah tangga lain yang digunakan setiap hari, mesin kopi juga perlu dibersihkan secara rutin. Jika tidak, kerak yang menempel bisa memengaruhi rasa dan kekuatan kopi Anda. Jadi, penting untuk membersihkan mesin kopi dengan tepat dan teratur untuk menghasilkan kopi dengan rasa terbaik dan paling segar.

Jika Anda bertanya-tanya seberapa sering perlu membersihkan mesin kopi dan bagaimana cara membersihkannya, berikut beberapa tips yang perlu diketahui

Alasan Mengapa Perlu Membersihkan Mesin Kopi

Peralatan rumah tangga mulai dari mesin pencuci piring hingga alat penggoreng udara, pembersihan mendalam sesekali dapat meningkatkan fungsi dan masa pakai, begitu pula dengan mesin kopi.

“Dengan pembersihan tingkat permukaan secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa mesin Anda berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama, tetapi pembersihan yang lebih dalam berguna untuk mengatasi penumpukan oli di tempat-tempat yang tidak selalu Anda lakukan dengan pembersihan rutin,” kata Pat Cotter, pakar kopi di Seattle Coffee Gear dikutip dari Well+Good, Kamis, 12 Oktober 2023.

Langkah tersebut juga sangat penting untuk memperpanjang usia pakai mesin kopi. 

“Dengan perawatan yang tepat, banyak mesin espresso kelas atas dapat bertahan hingga satu dekade atau lebih,” imbuhnya.

Setiap kali Anda membuat secangkir kopi, air mengalir melalui mesin. Kebanyakan air keran mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, yang dapat menempel pada permukaan tabung di dalam mesin dan menumpuk seiring waktu. Hal ini memperlambat aliran air dan dapat memengaruhi rasa serta kekuatan kopi Anda.

Tanda-tanda Mesin Kopi Wajib Dibersihkan

Apa yang ada di dalam cangkir kopi Anda sering kali menjadi tanda bahwa sudah waktunya untuk membersihkan bagian dalam mesin kopi.

“Hal pertama yang mungkin Anda perhatikan adalah rasa kopinya akan basi atau tidak enak,” kata Cotter.

Namun jenis penumpukan yang Anda hadapi bisa berbeda-beda. Misalnya, penumpukan kerak kapur dapat membuat kopi Anda terasa lebih pahit. Namun jenis penumpukan lainnya, atau lebih buruk lagi, jamur atau lumut, dapat membuat rasa dan bau yang sangat tidak enak.

Tanda lain mesin kopi perlu dibersihkan segera adalah kopi Anda memiliki warna berbeda dan isi yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya, juga mesin listrik mungkin terdengar seperti bekerja ekstra keras untuk menyeduhnya.

Namun idealnya, Anda membersihkan mesin kopi secara teratur sehingga tidak mencapai kondisi ekstrem seperti yang disebutkan di atas.

Panduan pabrikan sering kali berisi panduan tentang seberapa sering membersihkannya. Untuk Nespresso, tiga bulan sekali dengan pemakaian rutin, atau 300 kapsul, menurut spesialis Mesin Nespresse, Brian Mulay.

Cara Membersihkan Mesin Kopi

Ada lusinan mesin kopi di luar sana, dan perawatannya jauh dari setara. Misalnya, Cotter mencatat bahwa mesin superotomatis, yang mengeluarkan espresso hanya dengan satu sentuhan tombol, seperti Keurig atau Nespresso, memerlukan lebih sedikit perawatan manual dibandingkan mesin espresso yang lebih mewah.

“Mesin ini secara otomatis menyiram dan membilas setelah menyeduh, sering kali dilengkapi sistem penyaringan air internal, dan umumnya memiliki pengingat terprogram untuk mengingatkan Anda tentang kebutuhan pembersihan,” jelasnya.

Untuk mengetahui cara terbaik membersihkan mesin kopi Anda, sebaiknya lihat manual atau situs web produsen.

Mesin kopi paling dasar, seperti mesin press Perancis dan tuang, sering kali dapat dibersihkan langsung di mesin pencuci piring atau dengan tangan

Untuk mesin kopi tetes, yang terbaik adalah memeriksa manual produk terlebih dahulu, tetapi untuk menghilangkan kerak tanpa membeli peralatan pembersih yang mahal, para ahli mengatakan Anda dapat menggunakan tablet gigi (yang aneh, tetapi berhasil) untuk mengangkat bakteri yang mungkin bersembunyi di dalam mesin. sistem penyaringan air.

Cara Membersihkan Mesin Espresso Semi-Otomatis

Mesin kopi semi-otomatis, seperti mesin espresso tempat Anda memasukkan biji kopi untuk setiap cangkirnya, lebih membutuhkan banyak tenaga untuk perawatannya.

“Sebagian besar komponen perlu dibersihkan secara manual, dan bahan habis pakai seperti gasket perlu diganti seiring waktu. Mesin ini juga mengharuskan pemiliknya untuk memantau siklus pembersihan, jadi kami sering merekomendasikan layanan pembersihan mesin espresso profesional setelah beberapa tahun digunakan,” kata Cotter.

Secara teratur, ada baiknya untuk mengosongkan dan membersihkan baki tetesan dan semua bagian yang dapat dilepas, lalu menyeka bagian luarnya.

Jika Anda memiliki mesin kopi semi-otomatis, Cotter merekomendasikan untuk melepas penyaring secara teratur untuk membersihkannya dan memeriksa kerusakan apa pun yang mungkin memerlukan penggantian.

Jika tiba waktunya untuk membersihkan secara mendalam, Anda dapat merendam bagian-bagian yang dapat dilepas (seperti tangki air, teko, atau baki tetesan) dalam larutan pembersih. Cotter merekomendasikan Cafiza, yang dibuat khusus untuk mesin kopi.

“Pembersihan kerak dan penggantian filter air biasanya harus dilakukan setahun sekali,” kata Cotter.

Sangat penting untuk mengikuti panduan mesin kopi Anda untuk membersihkan kerak. Sebab banyak mesin kopi rumahan harus dibawa ke tempat profesional untuk dibersihkan keraknya agar tidak merusak mesin.

Cara Membersihkan Mesin Nespresso

Merek ini memiliki proses semudah menyeduh secangkir. Mesin Nespresso yang lebih baru, seperti Vertuo Latissima yang serba baru, memiliki lampu indikator yang memberi tahu Anda sudah waktunya untuk membersihkan kerak, serta siklus pembilasan otomatis yang dapat Anda jalankan setiap minggu.

Anda memerlukan alat pembersih kerak, yaitu larutan bubuk yang dimasukkan ke dalam wadah air dan dialirkan melalui mesin untuk menghilangkan sisa-sisa kerak.

“Bahan pembersih kerak dengan lembut menghilangkan kerak kapur untuk memastikan pengalaman minum kopi sesempurna hari pertama,” kata Mulay.

Penting juga untuk mencuci bagian lain dari mesin kopi secara teratur dengan air sabun hangat dan lembut seperti tangki air, baki tetesan, hingga tempat kapsul.

Pilihan Editor: Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."