Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Simak Tips Menjadi Teman Curhat yang Baik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka Hari Kesehatan Mental Sedunia, Maybelline New York mempertegas komitmennya dalam menghadapi isu kecemasan dan depresi melalui BRAVE TOGETHER dengan menghadirkan pelatihan ‘Brave Talk: Yuk Berani Bersama Menjadi Teman Cerita". Berkolaborasi dengan KALM, UNIKA Atma Jaya dan WELCOME (Organisasi Fakultas Psikologi Atma Jaya), Maybelline Brave Together memberikan pelatihan 5 langkah untuk membantu teman ketika mereka mengalami isu kesehatan mental, termasuk depresi dan anxiety.  

Berdasarkan survey yang dilakukan Maybelline Indonesia bersama Jakpat kepada lebih dari 1000 genZ (2021), curhat ke teman menjadi solusi bantuan eksternal pertama ketika mereka mengalami isu kesehatan mental. Salah satu bantuan pertama yang bisa dilakukan adalah menjadi teman curhat yang baik ketika dibutuhkan.  

 “Setelah satu tahun berjalan di Indonesia, Maybelline bersama dengan KALM telah memberikan bantuan lebih dari 18 ribu sesi konseling. Kami melihat respon yang baik ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan mental, terutama untuk menghadapi kecemasan dan depresi,” ungkap Carla Mangindaan, Brand General Manager Maybelline Indonesia. “Dengan mengikuti pelatihan Brave Talk, harapannya kini siapapun lebih berdaya untuk menjadi first responder ketika temannya membutuhkan teman curhat.”  

Brave Talk adalah 5 tips mudah (B-R-A-V-E) yang diformulasikan oleh Maybelline bersama dengan KALM untuk membantu setiap orang lebih berdaya menjadi teman curhat yang baik.

Berikut adalah 5 langkah untuk menjadi teman curhat yang baik:  

1. Beri perhatian penuh: Bersikap peka dan memperhatikan kondisi teman sekitar.  

2. Ruang dan waktu harus tepat: Memastikan situasi dan kondisi mendukung untuk mendengarkan cerita. 

3. Ajukan pertanyaan: Bertanyalah untuk memahami apa yang sedang mereka alami.  

4. Validasi perasaan: Memvalidasi perasaan mereka hingga mereka merasa didengar dan diterima. 

5.  Eksplor bantuan professional: Mengarahkan kepada seorang profesional yang kompeten dalam bidangnya jika dirasa perlu. 

“Seringkali kita berpikir untuk menjadi teman yang baik itu berarti harus bisa memberikan solusi atau selalu stand by 24/7, padahal yang sebenarnya dibutuhkan seseorang ketika sedang curhat adalah teman yang BRAVE, dia yang mau mendengarkan secara utuh dan menerima perasaan kita. Pelatihan ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mudah dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bersama dengan teman-teman terdekatmu,” jelas Karina Negara, Psikolog Klinis dan Co-Founder KALM. 

Brave Talk merupakan kelanjutan komitmen Maybelline Brave Together. Maybelline Brave Together adalah komitmen global Maybelline New York untuk menghadapi depresi dan anxiety melalui edukasi dan akses konseling gratis bagi yang membutuhkan. Komitmen ini sejalan dengan misi Maybelline New York untuk mendorong kepercayaan diri, kebebasan berekspresi, serta membuat perubahan di dunia, tidak hanya melalui produk makeup yang superior namun juga dengan kesehatan mental yang terawat.  

Jika kamu atau temanmu membutuhkan bantuan psikolog, jangan ragu untuk mendapatkan konseling gratis dari Maybelline, unduh aplikasi KALM di Google PlayStore atau App Store dan gunakan kode BRAVE 33-33-33-33. 

Pilihan Editor: 10 Rutinitas Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."