10 Rutinitas Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berbeda dengan fisik, tanda-tanda masalah kesehatan mental sulit dikenali atau tidak terlihat pada pandangan pertama. Namun, kesehatan mental yang terjaga, sangat penting bagi kesejahteraan kita dan dapat berkontribusi besar dalam membantu kita menjalani kehidupan yang bahagia dan terhindar dari penyakit. Seperti halnya rutinitas menyikat gigi, mandi, dan makan, ada rutinitas sederhana untuk menjaga kesehatan mental yang perlu kita ketahui bersama.

Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober, Dr Jyoti Kapoor, Psikiater Senior di Manasthali, India, berbagi 10 rutinitas sederhana untuk menjaga kesehatan mental. 

1. Rutin Meditasi Mindfulness

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk meditasi mindfulness. Ini dapat membantu kita agar tetap membumi, mengurangi stres, dan meningkatkan kesadaran diri.

2. Olahraga secara Teratur

Lakukan aktivitas fisik yang disukai, baik itu jalan cepat, yoga, atau latihan kardio. Olahraga dapat melepaskan endorfin, yang meningkatkan suasana hati atau mood sehari-hari.

3. Waktu Tidur yang Cukup

Usahakan tidur berkualitas minimal delapan jam setiap malam. Pikiran yang cukup istirahat lebih siap untuk menangani stres sehari-hari.

4. Menghabiskan Waktu Bersama Orang Terkasih

Bina hubungan yang baik dengan keluarga dan teman. Menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih memberikan dukungan emosional dan memperkuat hubungan sosial kamu.

5. Kontrol Pemakaian Gawai

Tetapkan batasan waktu pemakaian gawai, terutama di media sosial dan konsumsi berita. Paparan informasi negatif yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan.

6. Selalu Bersyukur

Buatlah jurnal rasa syukur dan tuliskan tiga hal yang kamu syukuri setiap hari. Praktik ini dapat mendorong pola pikir positif.

7. Pelajari Sesuatu yang Baru

Rangsang pikiranmu dengan memperoleh keterampilan atau pengetahuan baru. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat otak tetap bekerja aktif.

8. Tetapkan Rutinitas

Buat jadwal harian yang mencakup waktu untuk bekerja, relaksasi, dan perawatan diri. Rutinitas memberikan struktur dan mengurangi ketidakpastian.

9. Ekspresikan Diri

Temukan cara kreatif seperti seni, tulisan, atau musik untuk mengekspresikan emosi kamu. Ini bisa menjadi terapi dan membantu meluapkan perasaan.

10. Cari Pertolongan Profesional

Jangan ragu untuk menghubungi ahli kesehatan mental, jika kamu mengalami kesulitan dengan kesehatan mentalmu sendiri. Terapi yang diberikan oleh profesional dapat memberikan dukungan dan menjadi penanggulangan yang berharga.

Pilihan Editor: Wanita Lebih Banyak Mengidap Depresi Dibanding Pria, Saatnya Peduli Kesehatan Mental

ANNISA YASMIN | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."