9 Kebiasaan yang Bisa Meredakan Sakit Punggung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sakit punggung atau nyeri punggung. Freepik.com

Sakit punggung atau nyeri punggung. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk meredakan sakit punggung, Anda mungkin sering mendengar saran untuk menemui dokter dan melakukan rontgen, mengonsumsi ibuprofen, atau mengubah gaya hidup sepenuhnya. Ternyata ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu meredakan sakit punggung, jika diterapkan secara rutin.

“Saat kamu menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil secara rutin, hal tersebut akan memberikan perbaikan besar pada nyeri punggung,” kata Dallas Reynolds, Direktur Senior Operasi Manajemen Akses di ATI Physical Therapy, dikutip dari Real Simple, 2 Oktober 2023.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa meredakan sakit punggung.

1. Memulai Hari dengan Peregangan Ringan Selama Beberapa Menit

Peregangan adalah cara terbaik untuk memulai hari. “Setelah berdiam diri sepanjang malam, gerakan sederhana dan lembut dapat meningkatkan aliran darah dan mobilitas sendi,” kata Rachel Tavel, Dokter Terapi Fisik di Wellen.

Dia menambahkan bahwa salah satu alasan orang mengalami sakit punggung adalah keterbatasan mobilitas pada tubuh mereka.

Gerakkan tubuh Anda dengan lembut dan perlahan (dengan catatan tidak memaksakan diri pada gerakan ekstrem). Fokuslah untuk memanjangkan tulang belakang, memanjangkan tubuh, dan bernapas sehingga perut dan tulang rusuk dapat mengembang sepenuhnya.

Coba rapatkan tulang belikat Anda ke belakang sebanyak 10 kali, lakukan peregangan kucing-sapi dengan posisi merangkak, atau lakukan peregangan mobilitas pinggul yang mudah.

Jika Anda tidak ingin meninggalkan tempat tidur, Anda dapat melakukan peregangan yoga dari tempat tidur.

2. Memakai Sepatu Hak Rendah

Saat memilih alas kaki, utamakan kenyamanan daripada gaya. Sepatu dengan hak lebih dari satu inci dapat meningkatkan tekanan pada punggung dan mengubah gaya berjalan dan berdiri Anda.

“Jika Anda tidak memakai alas kaki yang tepat, hal ini dapat menyebabkan penyimpangan gaya berjalan dan menambah tekanan pada persendian, sehingga memperburuk sakit punggung,” kata Reynolds.

3. Berjalan Selama 10 Menit

Jalan kaki tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga dapat melegakan punggung.

“Bagi yang mengalami sakit punggung disarankan untuk jalan ringan setiap hari,” kata Kevin Lees, direktur operasi chiropractic di The Joint Chiropractic.

“Berjalan dapat membantu melepaskan ketegangan yang menumpuk di punggung, sehingga meredakan sakit punggung," jelasnya.

Cobalah berjalan kaki 10 menit saat istirahat di siang atau malam hari.

4. Ganti Posisi Duduk atau Berdiri secara Berkala

Duduk dalam waktu lama memiliki dampak negatif, termasuk menyebabkan punggung terasa sakit.

“Saat Anda merasa gelisah atau tidak nyaman duduk di kursi, itu pertanda Anda harus bangun,” kata Lees.

Istirahatlah sejenak setelah duduk dalam waktu yang lama.

Namun yang terpenting adalah pergantian posisinya. Jika berdiri sepanjang waktu juga tidak baik. Jadi, gantilah posisi mau berdiri atau duduk setiap 20 atau 30 menit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."