Fakta Menarik INACRAFT Oktober 2023 yang Dibuka Presiden Joko Widodo, Hadirkan Konsep Youth dan Kekinian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan bertajuk INACRAFT on October 2023, berlangung dari 2-8 Oktober 2023 di JCC/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan bertajuk INACRAFT on October 2023, berlangung dari 2-8 Oktober 2023 di JCC/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan bertajuk INACRAFT on October 2023. Sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-8 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Setelah sukses pada tahun 2022 lalu, INACRAFT on October tahun ini akan mempergunakan seluruh Hall di JCC. INACRAFT On October 2023 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo ketika acara pembukaan (opening ceremony) yang dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 09.00 WIB di Assembly Hall JCC.

Ketua Umum BPP Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Muchsin Ridjan dalam sambutannya mengatakan alasa mengapa sampai dua kali setahun digelar ialah karena tingginya animo anggota ASEPHI yang ingin produk mereka dipamerkan secara luas. Mengangat tema batik Pekalongan, salah satu alasannya ialah dekat dengan sentuhan muda, sesuai dengan tema besar INACRAFT. 

INACRAFT on October kali ini juga memfokuskan pada transformasi digital guna mendukung upaya pemerintah dalam melindungi UKM agar tetap eksis di dalam maupun luar negeri. "Produk INACRAFT kali ini terdiri mulai dari  keramik, serat alam, kayu, batik tradisional, tekstil muslim, fashion muslim, songket embrodery, travel gift, home decor, aksesori," ucap Muchsin di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023. 

Presiden Joko Widodo resmi membuka gelaran INACRAFT Oktober 2023 yang menghadirkan konsep youth dan up to date atau kekinian di JCC, Rabu, 4 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Menghadirkan Konsep Youth dan Kekinian 

INACRAFT on October 2023 merupakan seri dari INACRAFT dengan konsep pameran baru yang kekinian dengan ambience look & feel yang berbeda serta showcase produk yang sudah terkurasi melalui proses seleksi yang baik. Dengan tema tetap “From Smart Village to Global Market”, INACRAFT on October 2023 memberikan nuansa baru yang menghadirkan konsep youth bagi para INACRAFT enthusiast & loyalist untuk selalu up-to-date dengan brand INACRAFT. 

Tampilan yang berbeda diharapkan menjadi penyegaran pameran setelah melewati dua dekade dengan refresh konsep termasuk kehadiran insight program khusus, Talam INACRAFT. Tidak hanya dari segi program, namun konsep baru INACRAFT kali ini juga menghadirkan area booth baru yaitu Youth Corner.

Diikuti 772 Booth dan Ragam Kegiatan Menarik 

Pengunjung memperhatikan barang yang dijual dalam pameran Inacraft on October di JCC, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2023. Salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara itu diikuti lebih dari 700 peserta yang berlangsung hingga 8 Oktober mendatang. Tempo/Tony Hartawan

Seri kedua INACRAFT kali ini membawa konsep Youth, hadir dimeriahkan dengan dua stage, yaitu Assembly Stage di Assembly Hall dan Youth Stage di Hall B. Kedua stage ini menyuguhkan ragam acara yang berbeda. Assembly stage menghadirkan berbagai program andalan INACRAFT seperti Opening Ceremony, Emerging Award & Appreciation Night, Craft Talk, Craft Workshop, dan Minangkabau Heritage, gabungan antara Fashion Show dan Art Performance, Sharing Session, sementara itu Youth Stage menghadirkan program yang berkaitan dengan lifestyle anak muda, Pertunjukan Tari Kontemporer oleh Swara Gembira, Music Performance oleh Dua Sejoli Selekta, Los Garelloz, G-Pluck, FIA, dan Mocca Band.

INACRAFT memberikan kesempatan dan peluang kepada para pelaku usaha muda di seluruh Indonesia sebagai wadah untuk memamerkan hasil karya anak bangsa ke kancah internasional, serta menambah eksistensi pameran INACRAFT sebagai salah satu pameran kerajinan tangan terpopuler dan terlengkap di Indonesia yang terus menyesuaikan dengan tren.

Pameran INACRAFT di bulan Oktober ini akan menampilkan paviliun ikon dari Pemerintah Kota Pekalongan bersama dengan 10 island di area Main Lobby dan 16 island di Lobby Hall A. Selain itu, INACRAFT on October 2023 diikuti oleh 772 booth yang terdiri dari Anggota ASEPHI, 21 peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, peserta internasional dari negara-negara sahabat, dan dihadiri visitor/tamu baik nasional maupun internasional. Pameran INACRAFT menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar 50 milyar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1 juta.

Selain rangkaian acara utama INACRAFT on October yang berlangsung pada tanggal 4-8 Oktober 2023, pada tahun ini juga telah diselenggarakan pre-event dengan nama program “Road to INACRAFT” yang menghadirkan showcase berbagai produk kerajinan tangan, live music performance, serta sharing session yang membahas terkait INACRAFT dan topik-topik menarik lainnya seputar kerajinan khas Indonesia. “Road to INACRAFT” telah diselenggarakan di dua kota yaitu Bandung dan Jakarta tepatnya pada 21 September 2023 di Filosofi Kopi Braga, Bandung dan 29 September 2023 di Sarinah, Jakarta.

Pilihan Editor: Saat Kahiyang Ayu Foto Keluarga Bersama Orang Tua, Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."