Intip 7 Fashion Artis di Istana Berbatik, dari Maudy Koesnaedi hingga Luna Maya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Maudy Koesnaedi dan putranya, Eddy Maliq Meijer dalam acara pergelaran Istana Berbatik di Istana Negara, Minggu malam, 1 Oktober 2023. Foto: Tangkap layar Instagram Stories/@dennywirawanofficial

(dari kanan) Maudy Koesnaedi dan putranya, Eddy Maliq Meijer dalam acara pergelaran Istana Berbatik di Istana Negara, Minggu malam, 1 Oktober 2023. Foto: Tangkap layar Instagram Stories/@dennywirawanofficial

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan pergelaran busana atau fashion show Istana Berbatik pada Minggu malam, 1 Oktober 2023, di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat. Selain menunjukkan batik khas dari tujuh Kerajaan di Nusantara, Istana Berbatik juga memamerkan ragam busana batik modern. Di pergelaran tersebut, terlibat lebih 500 model peraga dari anggota kerajaan, menteri, pejabat, atlet, perwakilan kedutaan negara sahabat, Puteri Indonesia, Miss Indonesia hingga para artis.

Bicara soal artis, mereka yang turut ambil bagian di Istana Berbatik tampil menawan dalam balutan busana batik. Ada beberapa yang memakai rancangan desainer kebanggaan Tanah Air, ada pula yang bergaya kontemporer dengan padu padan masa kini. Yuk, kita intip sepert apa penampilan mereka.

1. Luna Maya

Aktris dan pengusaha asal Bali ini tampil memukau dalam balutan busana rancangan Oscar Lawalata. Luna tampak memakai kebaya bercorak ungu dipadankan dengan batik Pelesiran bermotif cerah. Dia melengkapi penampilannya dengan ikat pinggang batik corak senada kain. Luna juga terlihat memakai anting dan tusuk konde emas antik dari Tulola Jewelry. Untuk alas kakinya, dia memakai sepatu warna merah muda.

Dengan polesan wajah flawless dan sanggul rendah, Luna Maya tampil percaya diri di Istana Berbatik.

(dari kiri) Luna Maya dan Mikha Tambayong termasuk deretan artis yang menjadi model di pergelaran Istana Berbatik, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden

2. Mikha Tambayong

Berjalan bersama Luna Maya di catwalk Istana Berbatik, aktris Mikha Tambayong tampil unik dengan perpaduan dua tenun dominan warna ungu dan hitam. Di balik kain tersebut, Mikha tampak memakai kebaya brokat warna putih. 

“Kawin campur tenun Tanimbar Maluku dan tenun sutra Makassar,” bunyi keterangan dari unggahan Instagram Stories Imelda Untoro yang kemudian diunggah ulang oleh Mikha.

Untuk alas kakinya, Mikha terliha tmemakai stiletto warna ungu mengilap. Rambut aktris dan penyanyi kelahiran 1994 itu ditata kuncir kuda atau ponytail dan disandarkan di bahu kiri menambah kesan elegan pada penampilan istri Deva Mahenra itu.

3. Maudy Koesnaedi dan Putranya

Bersama anak laki-lakinya, Eddy Maliq Meijer, Maudy Koesnaedi tampil menawan dalam balutan gaun batik kudus warna jingga karya Denny Wirawan. Gaun tanpa lengan itu tampak memiliki potongan atau cutting mengembang yang bervolume. Menambah kesan mewah, Maudy mengenakan anting besar berwarna emas dan rambutnya disanggul rapi.

(dari kanan) Maudy Koesnaedi dan putranya, Eddy Maliq Meijer dalam acara pergelaran Istana Berbatik di Istana Negara, Minggu malam, 1 Oktober 2023. Foto: Tangkap layar Instagram Stories/@dennywirawanofficial

Adapun putra semata wayang Maudy Koesnaedi dan Erik Meijer tampil gagah mengenakan luaran atau outer batik kudus warna merah yang juga koleksi Denny Wirawan dipadu dengan kemeja warna putih dan celana oversized biru tua.

4. Widi Mulia dan Keluarga

Penyanyi, Widi Mulia tampil kece dalam balutan rancangan Mel Ahyar. Di akun media sosialnya, dia mengatakan memakai batik Gedog saat menjadi salah satu model di acara Istana Berbatik.

"Merasa keren sekali bergaya seperti ini. Elemen metalik yang mewakili keberanian generasi kini berpadu seru dengan wastra klasik nusantara #kaintenun #batik #gedogtuban yang sayangnya semakin langka hingga hari ini," tulisnya di Instagram, Senin, 2 Oktober 2023.

Widi Mulia dan Dwi Sasono bersama tiga anaknya dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Dari segi penampilannya, istri aktor Dwi Sasono itu tampil modis memakai blus metalik ungu dengan lengan model puff dipadu dengan rok span batik Gedog monokrom berdetail belahan di sisi kanannya. Dia melengkapi penampilannya dengan bot bercorak warna merah.

Widi berjalan bersama suami dan ketiga anaknya di panggung catwalk Istana Berbatik. Sang kepala keluarga, Dwi Sasono tampak memakai kemeja dan celana corak batik warna merah tua. Sementara anak sulung mereka, Dru Prawiro Sasono memakai kemeja putih dipadu dengan outer dan kain batik warna gelap. 

Widuri Putri Sasono memakai gaun batik warna biru tua. Dan si bungsu, Den Bagus Satrio Sasono memakai kemeja putih lengan panjang dan kain batik coklat.

5. Nola B3 dan Kedua Putrinya

Tampil segar dan modis, Nola B3 hadir menggandeng kedua putrinya, Naura Ayu dan Neona Ayu, di Istana Berbatik. Penyanyi dengan nama asli Riafinola Ifana Sari ini mengenakan kemeja putih dan dilapisi outer batik dengan warna dominan hitam dan putih gading.

Nola Be3 tampil bersama dua anak perempuannya, Naura Ayu dan Neona Ayu dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Untuk bawahannya, ada efek twist dalam desain. Dari depan terlihat rok mengembang bercorak batik dilapis tile lilac berhias bunga, tapi dilihat dari belakang tampak celana panjang biru tua.

Sementara itu, kedua putri Nola B3 tampil modis dan chic dalam busana batik berdesain modern. Naura tampil memakai atasan batik coklat dengan detail tile warna hijau lembut di bagian bahu yang memanjang ke bawah. Dan, Neona memakai blus putih dengan corak batik di lengan puff dipadu dengan rok mini batik dan celana panjang biru.

6. Aurel Hermansyah dan Keluarga

Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, dan Ameena dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Anak pertama Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini tampil kompak dengan tema batik hitam coklat bersama sang suami, Atta Halilintar, dan anak sulung mereka, Ameena Hanna Nur Atta . Dikulik dari unggahan bersama di Instagram-nya, Aurel dan keluarga mengenakan batik Sekar Jagat dari Yogyakarta untuk pergelaran Istana Berbatik. Aurel tampil elegan dengan riasan wajah yang berani dan jilbab hitam yang ditata dengan rapi.

7. Titi Kamal dan Keluarga

Aktris Titi Kamal termasuk deretan artis yang melenggang bersama keluarga di catwalk Istana Berbatik. Titi dan keluarga memakai busana batik warna coklat rancangan spesial dari Inne Collection.

"Istana Berbatik 2023 sama suami dan anak2. Hari ini kita pakai batik tumpal wayang Solo & motif Sawunggaling. Semoga batik semakin terkenal di mata dunia," tulisnya di Instagram lima jam lalu.

Titi Kamal dan Christian Sugiono bersama dua putranya dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Gaun hitam panjang yang dipakai Titi tampak dilengkapi sentuhan batik cokelat di bagian atas, dan belt corak senada. Di bagian belakang gaun terlihat ada detail pita panjang dan besar dengan corak berbeda.

Sementara Christian Sugiono bersama dua jagoan mereka, Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono, kompak memakai atasan batik warna biru bercorak coklat dan hijau.

Dar gaya busana batik tujuh artis di Istana Berbatik, mana favorit Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Sambut Hari Batik Nasional, IPMI Gelar Parade Batik yang Kaya Corak dan Warna

ANNISA YASMIN | YOUTUBE SEKRETARIAT PRESIDEN I INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."