Sambut Hari Batik Nasional, IPMI Gelar Parade Batik yang Kaya Corak dan Warna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
KAART JAGAT persembahan IPMI dan Fashion Nation menjadi gelaran fashion Show dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang digelar pada Selasa, 26 September 2023 di Senayan City, Jakarta/Foto: Doc. IPMI

KAART JAGAT persembahan IPMI dan Fashion Nation menjadi gelaran fashion Show dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang digelar pada Selasa, 26 September 2023 di Senayan City, Jakarta/Foto: Doc. IPMI

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang Hari Batik Nasional, Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menggelar KAART JAGAT yang merupakan salah satu rangkaian acara pada  GAYA - Fashion Installation 2023, di Senayan City.  KAART JAGAT sendiri mempunyai arti Peta Dunia, yang bermakna kumpulan dari kayanya ragam motif batik yang ditampilkan pada fashion show IPMI Ini. 

“KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show, selain merupakan bentuk penghargaan para designer IPMI, ianya juga merupakan rangkaian bentuk interpretasi para masing-masing designer akan Batik dengan menunjukkan karakter mereka dalam karya batik masing-masing, yang akan memperkaya Batik sendiri sebagai warisan bangsa ini,” terang Sebastian Gunawan, anggota IPMI yang juga selaku ketua panitia GAYA Fashion Installation 2023.

Dalam KAART JAGAT ini, terdapat14 fashion designer yang bernaung di bawah IPMI yang akan memamerkan koleksi sesuai DNA mereka, yaitu: Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiarjo, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Rama Dauhan dan Wilsen Willim. 

Karya desainer Mel Ahyar di KAART JAGAT persembahan IPMI dan Fashion Nation dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang digelar pada Selasa, 26 September 2023 di Senayan City, Jakarta/Foto: Doc. IPMI

Gelaran fashion show yang digelar Selasa, 26 September 2023 merupakan bentuk apresiasi para designer ini akan mahakarya kebudayaan Indonesia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober 2023, sebagai Hari Batik Nasional.

“IPMI merupakan wadah bagi para designer muda untuk menampilkan karyanya ke masyarakat luas. Oleh karena itu kami selalu mendukung kreativitas para anggota IPMI untuk mengekspresikan karakter mereka dalam sebuah karya berkualitas tinggi yang dapat diapresiasi masyarakat,“ tambah Sjamsidar Isa selaku ketua umum IPMI.

Karya desainer Ivan Gunawan di KAART JAGAT persembahan IPMI dan Fashion Nation dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang digelar pada Selasa, 26 September 2023 di Senayan City, Jakarta/Foto: Doc. IPMI

Tahun 2023 ini IPMI mengangkat anggota baru yaitu Rama Dauhan, Wilsen Willim dan Monica Ivena untuk menambah warna dan kontribusi nyata pada perkembangan industri mode tanah air. Mereka  pun langsung didapuk untuk  memamerkan rancangan mereka bersama rekan-rekan sesama anggota IPMI dalam rangkaian acara Senayan City FashionNation17.

Gaya adalah DNA, karakter, pola pikir dan pesan hidup yang diekspresikan melalui karya, dimana fashion adalah gaya hidup, ekspresi individual sesuai dengan sosial, politik, budaya, ekonomi dan perkembangan zaman. Mode adalah gaya hidup, yang memungkinkan kita bermimpi dan melarikan diri ke dunia yang tak terkekang.

Gaya berevolusi seperti manusia beradaptasi akan zaman, dan mendapatkan bentuk secara individu maupun kolektif yang disebut sebagai “trend”. Karakteristik setiap designer memberikan warna bagi dunia mode dan seni Indonesia, merupakan bukti eksistensi para anggota IPMI menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia maupun dunia.

Karya desainer Danny Satriadi di KAART JAGAT persembahan IPMI dan Fashion Nation dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang digelar pada Selasa, 26 September 2023 di Senayan City, Jakarta/Foto: Doc. IPMI

Selain fashion show, terdapat juga instalasi karya 18 fashion designer IPMI yang bertajuk   GAYA Fashion Installation 2023 dari Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Era Soekamto, Denny Wirawan, Danny Satriadi, Didi Budiardjo, Eridani, Ghea Pangabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Yogie Pratama, Monica Ivena, Rama Dauhan dan Wilsen Willim. Masing-masing menayangkan karakter dan DNA masing-masing yang khas dalam instalasi unik yang dipamerkan sedari 21 Septembet hingga 1 Oktober 2023 dan berkolaborasi bersama institusi yang ahli di bidangnya. TACO mendukung kreasi tata ruang instalasi, didukung dengan teknik pencahayaan memukau yang digarap oleh Dua Lighting, tak ketinggalan Devialet dengan tata suara nan apik 

“GAYA Fashion Installation 2023 memberikan ruang bagi para anggota IPMI untuk memamerkan karya mereka  dalam instalasi nan unik dan kreatif. Tak ketinggalan rancangan busana bertema batik nusantara yang sangat khas dan berkelas ditampilkan dalam gelaran KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show. Harapannya kami dapat memberikan edukasi melalui karya seni kepada masyarakat luas,” tutup Sebastian Gunawan.

Pilihan Editor: Jelang Hari Batik Nasional, Modifikasi Gaya dan Harga untuk Kaum Muda

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."